Ilustrasi
Ilustrasi
Topik Populer
#Gempa Palu

KORANSERUYA.COM — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia melakukan program untuk mengatasi Measles Rubella (MR) atau dengan istilah lainnya campak dan Rubella dengan cara memberikan vaksin MR dalam program imunisasi nasional.

BACA JUGA : Jelang Deklarasi IYL, Cakka Pilih ke Kebun

Hal tersebut diungkapan oleh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Luwu Utara (I Komang Krisna) saat di temui di ruang kerjanya, Kamis, (27/07) siang tadi. I Komang Krisna menjelaskan bahwa imunisasi MR dikhususkan bagi anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Karena secara nasional, 83% kasus rubella terjadi pada anak dibawah 15 tahun. Dan pelaksanaan imunisasi tersebut akan dalam dalam dua tahap, yang pertama menargetkan masyarakat di pulau Jawa saja. Sementara tahap kedua pada tahun 2018 untuk masyarakat luar di luar pulau Jawa.




“Berarti, nanti di tahun 2018 rencananya imunisasi MR baru akan dilaksanakan di Luwu Utara” kata I Komang Krisna. I Komang Krisna menambahkan bahwa dalam satu kali suntik terdapat dua antigen yaitu campak dan rubella. Dimana diketahui keduanya merupakan penyakit infeksi menular melalui saluran pernafasan akibat virus yang dapat menimbulkan cacat bahkan kematian. “Ini akan dilakukan di sekolah dan posyandu dan pemberian vaksinasi rubella itu gratis,” tutup I Komang Krisna. (fim)