Asensio merayakan gol penentu kemenangan ke gawang Munchen.

MUNCHEN — Real Madrid berhasil mempermalukan Bayern Munchen pada leg pertama semifinal liga champions di kandang Bayern Munchen, Kamis (26/4/18) dini hari.

Juara bertahan Champions League dua kali beruntun, Real Madrid, membawa pulang keunggulan agregat gol tandang 2-1. Sempat tertinggal 0-1, El Real bangkit dan membalikkan keunggulan melalui gol dari sang supersub, Marco Asensio.

Zinedine Zidane memainkan taktik 4-3-3 untuk Madrid. Ia mencadangkan Karim Benzema dan Gareth Bale, menempatkan Lucas Vazquez dan Isco untuk menyokong pencetak 15 gol di Champions League musim ini, Cristiano Ronaldo.

Sedangkan Jupp Heynckes menerapkan formasi 4-1-4-1 dan mengandalkan Javi Martinez untuk menjaga keseimbangan di lini tengah Bayern. Martinez berkolaborasi dengan pemain pinjaman Madrid, James Rodriguez. Kendati kedua tim memulai laga dengan tempo tinggi, namun seiring berlangsungnya pertandingan yang sudah berjalan selama 20 menit, baik Madrid dan Bayern cenderung bermain hati-hati. Keduanya seperti sedang menganalisa permainan satu sama lain untuk mencari kelemahan, atau celah di lini belakang.

Bayern juga mendapatkan kabar buruk sebelumnya, karena penyerang sayap mereka, Arjen Robben, cedera dan memaksa Heynckes melakukan pergantian pertamanya di menit kedelapan. Robben diganti dengan mantan pemain Barcelona, Thiago Alcantara.

Tim tuan rumah mendominasi penguasaan bola dengan baik. Mereka mampu memanfaatkannya dengan gol pembuka yang tercipta di menit ke-27. Melihat sedikit celah di antara dua pemain Madrid, James, mengirim umpan terobosan terukur kepada Joshua Kimmich yang naik membantu serangan (overlap). Kimmich memiliki dua opsi untuk menendang bola atau mengopernya kepada rekan setim, dan dia memilih untuk menendang bola. Pilihan yang tepat, karena Keylor Navas tertipu dan gagal menepis bola yang datang. 1-0 Bayern unggul.

Lima menit berselang dari gol tersebut, Bayern kembali mengalami nasib sial dengan cedera pemain. Kali ini, giliran bek mereka, Jerome Boateng, yang cedera – tampaknya cedera hamstring – dan digantikan dengan kompatriotnya, Niklas Sule.

Saat laga tampaknya akan berakhir untuk keunggulan Bayern, Marcelo tiba-tiba muncul dan mencetak gol penyama kedudukan Madrid. Pada menit 43, Marcelo menyambar bola tandukkan dari Dani Carvajal yang diarahkan dekat dengan area kotak penalti Bayern. Bola melewati Ronaldo dan disambar Marcelo via sepakan first time yang menuju ke pojok kiri gawang Bayern. 1-1 Madrid menyamakan kedudukan. Babak pertama berakhir dengan skor sama kuat. Babak kedua, hanya satu gol yang tercipta di menit ke-57 melalui skema serangan balik yang dituntaskan oleh Asensio. (asm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 2 =