Saiful Alam memberikan pendidikan politik
Saiful Alam memberikan pendidikan politik

KORANSERUYA.COM — Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, H Syaiful Alam berbagi ilmu politik ke masyarakat Kecamatan Ponrang, Rabu (9/8) pagi. Salam sapaan akrab H Syaiful Alam, dalam kegiatan pendidikan politik masyarakat yang dipusatkan di Lapangan Mattirowali, Desa Tirowali, Kecamatan Ponrang itu menyebutkan bahwa pendidikan politik santun, bersih dan beretika adalah hal yang utama.

BACA JUGA : Bersaing di Pilgub, Cakka-Aziz Tunjukkan Keakraban…

Sebab, dengan dasar itu masyarakat bisa lebih arif dan bijaksana dalam menentukan pilihan pada Pileg, Pilbup, Pilgub, dan Pilpres. “Politik tidak bisa dipisahkan dari setiap bangsa. Dalam keluarga bahkan ada politik,” katanya.

Selain itu, lanjut Salam politik itu juga harus dilandasi dengan kejujuran. Mulai dari penyelenggara hingga peserta. Selain itu, sebutnya, masyarakat juga diharapkan memperhatikan sikap amanah setiap pemimpin yang akan dipilih. Sebab, hanya pemimpin yang amah yang mampu merealisasikan janji politiknya saat terpilih.

“Cerdas politik itu wajib bagi masyarakat dan juga pemerintah. Untuk masyarakat agar tidak salah dalam menentukan pilihannya. Pemerintah juga harus gencar mensosialisasikan pendidikan politik yang santun, bersih dan beretika,” jelasnya.

BACA JUGA : Ketua DPRD Luwu Geram, Anggota Dewan Malas Ikut Rapat Paripurna

Menurut Salam, syarat lain yang harus dimiliki politisi dan pemimpin adalah sikap melayani. Pemimpin itu, katanya, harus bisa melayani rakyat dengan baik. Paling tidak mampu memberikan buah pikirannya kepada konstituennya. Sikap jiwa besar juga wajib diperhatikan masyarakat dalam menentukan pilihan. Sikap ini menuntun setiap individu agar bisa mewujudkan pembangunan yang merata di segala sektor.

“Politisi dan khususnya pemimpin yang baik itu juga memiliki sikap sportif. Yakni tidak boleh menghalalkan segala cara. Politisi harus bisa dijadikan teladan, rendah hati, mampu mengakui kesalahannya, dan yang terakhir adalah memiliki sikap cinta negara dan bangsa. Mudah-mudahan dengan poin ini, ke depan masyarakat bisa memilih pemimpin yang bisa mewujudkan pembangunan yang diharapkan bersama,” harapnya.




Ketua DPRD Kabupaten Luwu, Andi Abdul Muharrir memaparkan bahwa masyarakat juga perlu mengetahui tentang fungsi-fungsi setiap instansi yang ada di pemerintahan. ” Seperti kami di DPRD. Masyarakat perlu mengetahui bahwa fungsi kami hanya ada tiga yakni pungsi legislasi, pengawasan, anggaran. Fungsi ini membuat kami wajib menyetujui dan mendukung segala kebijakan yang pro rakyat. Baik itu soal anggaran maupun terkait dengan undang-undang. Kami di DPRD pasti menerbitkan perda untuk mendukung kepentingan masyarakat,” kata Muharrir.

Acara yang diprakarsai Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu (IPMIL) kerjasama Bakesbangpol Luwu itu ikut menghadirkan jajaran KPU Kabupaten Luwu, unsur desa se Kecamatan Ponrang, organisasi kepemudaan, dan masyarakat umum. (eca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 7 =