keracunan bua, keracunan massal bua, keracunan dangkot
Sejumlah warga Bua Kabupaten Luwu, korban keracunan dangkot masih dirawat di Puskesmas Bua hingga Senin (27/2) malam Wita. (ft/eca)

PALOPO, SeruYA–Puluhan warga Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan terpaksa dilarikan ke puskesmas karena muntah, mencret hingga demam, diduga keracunan makanan. Sejak Senin (27/2) pagi sampai malam ini, Puskesmas Bua disesaki pasien dengan keluhan yang sama.

Informasi yang diperoleh KORAN SeruYA, puluhan pasien di Puskesmas Bua itu diduga keracunan makanan setelah menyantap masakan ayam dengan bumbu lengkuas yang oleh masyarakat Luwu disebut Dangkot.

Awalnya, pada Minggu (26/2) siang lalu mereka menghadiri acara lamaran di rumah Maning, di Dusun Pollo Padang Desa Posi Kec Bua Kab Luwu.

Dalam acara tersebut keluarga bersama warga sekitarnya (tamu undangan) menyantap Dangkot.

Mereka tidak langsung mengalami keracunan. Barulah pada Senin dini hari, masyarakat yang menyantap masakan tersebut satu persatu mulai merasakan pusing, muntah, mencret serta demam dan dilarikan ke Puskesmas Bua.

Hingga malam tadi sekira pukul 22.30 wita, korban keracunan sudah mencapai 30 orang dan saat ini masih mendapat perawatan intensif di Puskesmas Bua, Kabupaten Luwu.

(eca/kin)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 5 =