Bachrianto Bachtiar

KORANSERUYA.COM — Bachrianto Bachtiar yang akrab disapa pak dosen jika diberikan kesempatan bagi masyarakat untuk membangun Luwu, menjanjikan tidak hanya menaikkan gaji honorer tapi juga menaikkan PAD Luwu yang saat ini masih relatif rendah.

Mantan Ketua IPMIL ini berharap masyarakat mendoakannya dan memberi suport agar bisa terpilih dan akan membawa Luwu lebih baik.

“Gaji honorer sampai Rp1,5 juta itu bukan mimpi jika sektor-sektor di Luwu bisa dimaksimalkan utamanya pertanian,” ungkap Kak Anto, sapaan akrabnya.

Gaji honorer termasuk para guru menjadi kegelisahan bagi Bachrianto. Menurutnya fungsi guru untuk mencerdaskan bangsa sangat urgen.

“Bagaimana bisa kita berharap anak, kemanakan kita mendapat pengajaran yang berkualitas dari gurunya, kalau guru yang mengajar mereka hanya diberi insentif Rp200 ribu per bulan yang diterima per triwulan, mana cukup kasian ?, mana lagi persoalan lainnya yang tidak kalah penting, penting penting dan penting sekali, tapi itu dipahami karena beban daerah sangat besar makanya nanti PAD akan ditingkatkan agar mampu membayar gaji honorer yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Jubir Bacrianto, Muchlis mengatakan saat ini industri gabah di Luwu di kuasai sidrap. Cengkeh diborong Wajo, rumput laut ditampung Palopo, kakao diakoptasi Gowa, sayur mayur disuplai Enrekang.

“Coba kalau kita semua yang kelola ini melalui pembentukan perusda, maka kita bisa naikkan pendapatan daerah,” ujarnya

Lantas bagaimana mendapat tambahan biaya untuk mengurusi semua itu, ia menambahkan tentu harus ada solusi dengan cara menggalakkan industrialisasi hasil bumi sendiri. Panen, olah, jual sendiri gabah, petik olah jual sendiri cengkeh, kakao, dan rumput laut, ini baru sektor pertanian.

“Memang butuh proses secara bertahap. Contohnya tadi gaji Rp1,5 juta itu. Di semester pertama dari Rp200 ribu ke Rp500 ribu, semester kedua menjadi Rp1 juta, dan akhirnya bisa Rp1,5 juta. Tapi lebih awal masyarakat harus optimis soal itu, bahwa Luwu bisa membangun industri tidak hanya produksi,” jelasnya. (eca/asm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 2 =