Mantan Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas saat tampil sebagai keynote speaker membahas DPT dan permasalahannya.
Topik Populer
#Gempa Palu

KORANSERUYA.COM — Mantan Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas bertindak sebagai keynote speaker pada dialog publik yang diselenggarakan oleh KPU Kota Palopo Selasa (18/7). Dialog tersebut membahas tentang daftar pemilih dan permasalahannya.

Jayadi berharap dalam pilkada serentak 2018 mendatang khususnya di Kota Palopo berlangsung aman dan lancar. Ia menginginkan sejumlah masalah yang timbul pada pilkada sebelumnya tidak terulang lagi. Salah satunya persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) termasuk pemilih ganda.

BACA JUGA :Haidir Basir Berharap Demokrat Kembali Mengusungnya

“Setiap pilkada, permasalahan DPT ini memang tidak ada habisnya, tapi bisa di minimalisir. Jadikan pilkada sebelumnya sebagai pelajaran. Pengalaman adalah guru yang terbaik,” kata Jayadi.




Ketua KPU Palopo, Haedar Djidar dalam kesempatan tersebut mengatakan dialog publik digelar untuk mengetahui sejauh mana keluhan masyarakat terhadap DPT. Ia juga menyampaikan jumlah penduduk Kota Palopo saat ini mencapai angka 202.483 jiwa, dengan jumlah daftar pemilih sekitar 160.251 orang.

“Namun, jumlah daftar pemilih ini belum final,” sebutnya.

“Setiap pelaksanaan pemilu, selalu muncul permasalahan terkait daftar pemilih, oleh karena itu perlu adanya pembahasan yang komprehensif untuk merumuskan solusi yang efektif agar tidak menimbulkan permasalahan pada saat tahapan pilkada,” harap Haedar.

BACA JUGA :Tentukan Cakka atau RMS, IYL Gandeng Dua Lembaga Survei

Selain menghadirkan Jayadi, KPU Palopo juga menghadirkan Tenriawati, Sekretaris Dinas Dukcapil Palopo. Hadir sebagai peserta, perwakilan parpol, tokoh masyarakat, LSM, tokoh pemuda dan lainnya. (asm)