Preview Manchester City vs Barcelona, Rabu (2/11/2016).
Preview Manchester City vs Barcelona, Rabu (2/11/2016).

KORAN SeruYA–Manchester City akan kembali menghadapi tantangan berat dalam perjalanan mereka di Liga Champions saat kedatangan salah satu favorit juara, Barcelona di Etihad Stadium, Rabu (02/11/2016) dini hari Wita. Kemenangan menjadi incaran The Citizens untuk membayar lunas kekalahan telak di pertemuan kedua tim sebelumnya.

Manchester City memiliki memori pahit dalam pertemuan terakhir kedua tim di babak penyisihan grup Liga Champions, yakni saat pasukan arahan Josep Guardiola dibantai empat gol tanpa balas melalui hattrick Lionel Messi dan satu gol Neymar. Tuan rumah diharuskan menang bila ingin terus menempel Barcelona di klasemen grup C.

Manchester City sendiri tengah berada dalam optimisme tinggi menyongsong pertandingan kali ini. Meskipun tak bisa diperkuat Claudio Bravo yang mendapatkan kartu merah di pertandingan selanjutnya, performa Willy Caballero tak bisa dipandang sebelah mata. Selain itu, The Citizens juga memiliki modal bagus karena baru saja mengakhiri paceklik kemenangan di enam pertandingan terakhir dengan kemenangan telak 4-0 atas West Brom akhir pekan lalu.

Guardiola harus memeras otak untuk membalaskan dendam City di pertemuan kali ini. Bila tak menemukan solusi untuk meredam Lionel Messi dkk, rencana membayar lunas kekalahan di pertemuan pertama bisa berantakan.

Bila di pertemuan pertama nama Sergio Aguero menjadi pemain cadangan, tampaknya pada pertemuan kali ini nama penyerang Argentina itu akan kembali mengisi starting line up. Selain Bravo yang absen karena kartu merah, The Citizens juga tak bisa diperkuat Pablo Zabaleta, Bacary Sagna dan Fabian Delph yang cedera.

Dari kubu Barcelona. Pelatih Luis Enrique tengah berpikir keras meramu strategi meredam tuan rumah pada pertemuan kali ini. Terlebih untuk menentukan komposisi di lini belakang mereka di mana beberapa nama andalan harus absen. Selain Jeremy Mathieu yang absen karena kartu merah, Blaugrana juga tak bisa memainkan Gerard Piqué, Jordi Alba dan Aleix Vidal yang cedera. Begitu juga dengan Andres Iniesta yang juga masih cedera.

Tanpa Gerard Pique dan Jordi Alba, pelatih Luis Enrique sepertinya akan kembali mempercayakan posisi bek kiri kepada Lucas Digne dan Samuel Umtiti akan dipercaya menemani Javier Mascherano di jantung pertahanan. Sedangkan untuk posisi Iniesta, nama Rafinha layak dikedepankan setelah penampilan apiknya akhir-akhir ini, termasuk mencetak gol ke gawang Granada akhir pekan lalu.

Barcelona sendiri tentu akan mengincar kemenangan pada pertandingan tersebut. Dengan perolehan 9 poin dari tiga pertandingan, Blaugrana butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan lolos ke babak selanjutnya.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, tak khawatir tampil tanpa kiper Claudio Bravo dalam lanjutan Liga Champions menjamu Barcelona di Etihad Stadium, Selasa (1/11) waktu setempat.

Bravo terpaksa absen menghadapi Barca karena mendapat kartu merah di pertemuan pertama. Kala itu, gawang ManCity bobol empat kali di mana tiga gol di antaranya diceploskan Lionel Messi.

Wasit terpaksa melayangkan kartu merah pada Bravo lantaran menepis bola di luar kotak penalti demi membendung tembakan Luis Suarez. Posisinya akan digantikan Willy Caballero.

Pep yakin Caballero mampu mengatasi Messi dan kawan-kawan yang tampil gemilang di laga pertama. “Willy sudah siap. Pada laga terakhirnya di Old Trafford, ia bermain amat bagus dan membuat satu atau dua penyelamatan penting,” kata Guardiola seperti dikutip Goal.

Caballero tampil apik menghadapi rival sekota mereka, Manchester United meski pada akhirnya City takluk 0-1 lewat gol tunggal Juan Mata di menit ke-54.

“Saya amat percaya diri dia (Caballero) akan tampil cemerlang. Ia harus siap karena akan menghadapi para pemain terbaik,” ujar Guardiola.

Guardiola yang pernah sukses bersama Barcelona paham betul kualitas bekas tim asuhannya itu. Sederet penyerang terbaik dunia dalam diri Messi, Suarez, dan Neymar diyakini bakal menebar teror ke gawang City.

“Ada beberapa striker terbaik dunia di tim yang sama di Barcelona. Namun saya sangat yakin dengan kualitas Caballero,” pungkasnya. (*/wandy)

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Manchester City

Willy Caballero, Nicolas Otamendi, John Stones, Aleksandar Kolarov, Fernando, Ilkay Gundogan, Fernandinho, Raheem Sterling, David Silva, Kevin De Bruyne, Sergio Aguero.

Barcelona

Marc-Andre ter Stegen, Lucas Digne, Samuel Umtiti, Javier Mascherano, Sergi Roberto, Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Rafinha, Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 14 =