ziarah makam raja bone ke-2

KORANSERUYA.COM–Dalam rangka peringatan Milad ke 4 Lembaga Pemerhati Parewa Bessi (LPPB) La Makkawa Bone, komunitas pecinta pusaka ini menggelar pameran badik terbesar 2017 dan ziarah ke ke makam Raja Bone ke-2 La Ummasa yang terletak di kompleks pekuburan rakyat Jl Ahmad Yani Kota Watampone.

Ketua umum LPPB La Makkawa yang juga kadis kebudayaan Kabuapten Bone, Andi Promal Pawi mengatakan rangkaian peringatan hari jadi LPP di mulai dengan ziarah ke makam Raja Bone ke 2 La Ummasa yang terletak di pemakaman warga di Jalan Ahmad Yani Kota Watampone mengenakan pakaian adat lengkap.

“Pameran digelar 1 sampai 3 Desember, selain itu ada gelar pentas seni di areal Museum Lapawawoi Karaeng Sigeri, sebelumnya kita ziarah ke Makam Raja Bone ke-2 La Ummasa,” kata Promal Wawi.

Kata dia, La Ummasa (1365-1368) Raja Bone Ke-2, digelar pula Petta Panre Bessie (pandai besi) karena dialah yang mula-mula menciptakan alat-alat dari besi di Bone. Di samping itu La Ummasa sangat dicintai oleh rakyatnya karena memiliki berbagai kelebihan seperti ; daya ingatnya tajam, penuh perhatian, jujur, adil dan bijaksana.

Sementara ribuan badik yang dipamerkan adalah badik pusaka milik warga Bone, baik yang bermukim di wilayah Bone maupun yang merantau di luar daerah, jenisnya pun beragam mulai dari badik La Gecong, Badik Raja, Hingga Badik Luwu dan Badik Lompobattang.

“Pameran badik ini untuk mendedikasikan kepada dunia bahwa badik yang merupakan senjata khas suku Bugis sebagai warisan budaya suku Bugis,” pungkas Promal. (abdulwarishasrat)