SIANG itu cuaca begitu terik. Panasnya terasa hingga menembus tulang. Namun, di sudut Jalan Kelapa tampak sekelompok orang berseragam cokelat tidak terpengaruh dengan panasnya sengatan matahari siang itu.

Mereka terlihat sibuk memasukkan sejumlah kebutuhan pokok ke dalam mobil patroli. Ya, mereka adalah anggota Sat Lantas Polres Palopo. Belum habis lelah mereka setelah usai Operasi Zebra 2017 di Jalan Jend. Sudirman, mereka lalu mempersiapkan barang yang akan di bawa menemui seorang janda tua di Jalan Pajalesang.

Mereka ingin menutup Operasi Zebra dengan memberikan santunan kepada orang yang memburuhkan. Setelah semua dirasa cukup, korps berbaju cokelat langsung meluncur ke kediaman Nek Tina (75) yang hidup seorang diri. Tak sampai 15 menit, Sat Lantas Polres Palopo telah sampai di kediaman Nek Tina.

Dengan senyum mengambang, Nek Tina menyambut para pengayom masyarakat itu. Baju kotak-kotak hitam dipadukan dengan celana pink pakaian yang dikenakan Nek Lisa siang itu. Wajah sumringah karena bahagia tergambar jelas di wajahnya. Bukan karena bantuan yang diberikan, tapi karena anggota Sat Lantas Polres Palopo bersedia mengunjungi gubuk reotnya.

 

“Terima kasih karena telah mau berkunjung ke sini,” kata Nek Tina dengan suara yang sedikit berbisik sambil menahan bulir-bulir air matanya yang ingin jatuh karena haru. Pertahanan Nek Tina akhirnya jebol juga. Air mata yang sedari tadi ia tahan, tak dapat lagi dia bendung. Wajahnya dibanjiri oleh air matanya sendiri. Air mata keharuan.

Melihat hal tersebut, mata Kasat Lantas Polres Palopo, AKP Sri Toto tampak berkaca-kaca. Ingin tumpah juga air dimatanya. Untuk mensiasatinya agar tak dilihat anggotanya, AKP Sri Toto langsung memakai kacamata hitam. “Bantuan yang kami berikan ini adalah hasil dari kumpul-kumpul sesama anggota. Kebetulan kami punya rejeki yang lebih, jadi kami berikan kepada yang membutuhkan,” ucap AKP Sri Toto.

Pria berbadan kekar itu berharap kegiatan saling berbagi ini dapat terus dilakukan. Dengan begitu image masyarakat terhadap polisi dapat sedikit berubah. Wajah polisi tidak hanya garang terhadap penjahat tapi juga humanis terhadap warga miskin. Sementara itu, hasil Operasi Zebra 2017 sendiri menghasilkan 703 pelanggar. Pelanggaran tersebut didominasi sepeda motor dengan 88 persen. Sementara sisanya ditempati roda empat. (chaliq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × one =