Kasubag Umum BNN Kota Palopo, Saenal Rasyid mendampingi Kepala BNN Kota Palopo, Maximillian S (tengah) saat jumpa pers terkait penangkapan pelaku Narkoba di Kantor BNN Kota Palopo, belum lama ini. (ft/ist)
Kasubag Umum BNN Kota Palopo, Saenal Rasyid mendampingi Kepala BNN Kota Palopo, Maximillian S (tengah) saat jumpa pers terkait penangkapan pelaku Narkoba di Kantor BNN Kota Palopo, belum lama ini. (ft/ist)

Oleh: Saenal Rasdyid
– Kasubbag Umum BNN Kota Palopo

BAHAYA narkoba bagi kesehatan tubuh manusia memang sangat mengerikan berbagai keluhan sampai kematian memang harus ditanggung para pengguna narkoba. Sebelum membahas sejaumana mengenai bahaya barang ini, kita akan membahas mengenai apa itu narkoba.
Narkoba merupakan kependekan dari narkotika dan oba-tobatan berbahaya. Dalam pengertian ini terdapat kata obat-obatan berbahaya yang mungkin membuat bingung, namun sebelumnya pengertian berbahaya di sini merupakan obat yang menyebabkan resiko kecanduan.

Sebenarnya narkotika dan obat-obatan ini digunakan untuk berbagai keperluan medis, seperti pembiusan pada pasien dan tindakan lainnya. Namun seiring dengan perkembangannya, bahan dan zat aditif ini dijadikan sebagai bahan yang diperjualbelikan secara gelap kepada masyarakat umum.

BAHAYA NARKOBA

Bahaya narkoba bagi kesehatan memang banyak sekali melebih bahaya merokok berbagai penyakit dan kecanduan serta disfungsi berbagai organ tubuh yang mematikan sia pmengintai.

– Narkoba Merusak Fungsi Otak

Sebagian besar bagian otak manusia akan rusak ketika kecanduan narkoba yang membuat berbagai kinerja otak dan fungsinya tidak optimal lagi. Eksperimen pernah dilakukan dengan ujicoba terhadap binatang menggunakan narkoba jenis ekstasi. Hasilnya menunjukan bahwa zat yang terkandung dapat merusak sel yang ada di otak. Namun bagaimana tingkat kerusakan pada manusia perlu diteliti lagi.

Pada intinya bahaya narkoba untuk otak ini adalah kecanduan yang disebabkannya. Kecanduan mengubah proses patologis biologis yang mengubah pola pikir kesenangan seseorang dan hanya berfokus pada narkoba tersebut. Bahkan pecandu berat akan 1000 kali lebih memikirkan bagaimana mendapatkan barang tersebut daripada makan dan orang sekitarnya. Narkoba memang sangat merusak otak.

– Narkoba Merusak Fungsi Hati

Sangat jelas narkoba dan berbagai jenis obatan dalam dosis berlebihan, apalagi yang membuatke canduan kemungkinan besar akan merusak fungsi hati manusia dan fungsi ginjal.

Kecanduan dan konsumsi narkoba secara berlebihan akan menyebabkan penyakit hati seperti sirosis hati yang mematikan. Disfungsi dan kegagalan fungsi hati juga dapat terjadi untuk penggunaan jangka panjang.

– Narkoba berbahaya bagi paru paru

Narkoba dapat menyebabkan jaringan yang ada di paru-paru dapat menjadi lebih tebal yang dapat menyebabkan sulit untuk bernafas. Sel dan syaraf yang ada di paru-paru dapat menjadi rusak karena zat yang terkandung dalam narkotika yang dibawa melalui darah.

– Narkoba Berbahaya Bagi Jantung

Narkoba dan sejenisnya akan larut dalam darah yang tentunya dipompa oleh jantung, zat tersebut akan merusak jaringan dan kinerja jantung. Dampak paling berbahaya adalah kegagalan fungsi jantung yang dapat menyebabkan kematian yang disebabkan oleh infeksi pada otot jantung dan pembuluh darah.

– Bahaya narkoba untuk kesehatan reproduksi

Sama halnya seperti merokok, narkoba juga sangat berbahaya terhadap organ reproduksi. Narkoba dapat menyebabkan penurunan hormon reproduksi dan penurunan fungsi seksual.

– Narkoba Merusak Fungsi Syaraf

Kerusakan sistem syaraf yang disebabkan oleh narkoba dapat membuat orang kejang-kejang, pikirannya melayang, dan tidak memiliki kesadaran yang penuh terhadap dirinya. Kerusakan syaraf yang ditimbulkan oleh antara lain putusnya syaraf yang menyebabkan penggunanya lebih pasif

– Gangguan Haid

Pada remaja, khususnya perempuan, penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan kelainan pada masa haid, seperti haid tidak teratur dan bahkan dapat menyebabkan tidak mendapatkan haid atau amenorhoe.

Selain untuk kesehatan, bahaya narkoba juga berdampak pada kehidupan pada umumnya yang juga mungkin berdampak pada orang di sekitarnya.

BAHAYA NARKOBA BERDASARKAN EFEKNYA

Bahaya narkoba juga dapat dikategorikan berdasarkan efek yang ditimbulkannya. Berdasarkan efeknya, bahaya obatan terlarang ini dapat dibagi menjadi 4 (empat) jenis:

1. Stimulan

Efek narkoba ini cukup berbahaya karena akan membuat penggunanya merasa lebih bertenaga, berani, dan kuat begitu juga dengan fungsi jantung dan otaknya. Selain itu pengguna juga dibuat senang dan bahagia untuk sesaat. Bahayanya adalah karena efek ini hanya sementara dan sering dijadikan alasan untuk menggunakan obat berbahaya ini.

2. Adiktif

Narkoba berbahaya karena dapat menyebabkan kecanduan, dalam hal kronis dapat membuat penggunanya melakukan apa saja untuk membeli barang berbahaya ini.

3. Halusinogen

Efek yang membuat para pengguna narkoba sering melakukan halusinasi terhadap berbagai hal yang tidak tampak atau yang sebenarnya tidak ada.

4.Depresan

Efek ini akan mengurangi efek fungsional bagian tubuh dan sistem syaraf pusat yang membuat penggunanya tidak sadarkandiri atau tertidur, bahkan dalam efek yang berlebihan dapat menyebabkan kematian.

BAHAYA NARKOBA TERHADAP MASA DEPAN

Bahaya narkoba tidak hanya bagi kesehatan dan pribadi penggunanya. Narkoba juga dapat merusak masa depan pribadi pengguna, lingkungan di sekitarnya, masyarakat, dan kehidupan bernegara.

Setidaknya ada 4 bahaya yang berpengaruh pada masa depan terhadap masa depan baik untuk pribadi, masyarakat, dan dalam kehidupan berbangsa.

1 Narkoba merusak kesehatan mental.

Mental pengguna narkoba akan rusak karena kecanduan yang disebabkan oleh narkoba.

2. Narkoba merusak fokus dan konsentrasi

Fokus dan konsentrasi pengguna narkoba hanya diarahkan pada pikiran bagaimana mendapatkan obat berbahaya ini. Hal ini membuat masa depan penggunanya dapat dipastikan suram.

3. Ketahanan Nasional Bangsa Terganggu

Jika banyak masyarakat dan pemuda yang menggunakan bahan berbahaya ini, dapat dipastikan ketahanan nasional dalam berbagai bidang akan hancur.

4. Narkobame rusak kehidupan sosial dan lingkungan masyarakat

Pengguna narkoba akan cendrung pasif dan mulai bersifat asosial terhadap lingkungan sekitarnya. Pengguna tersebut cendrung berbuat kejahatan jika dia tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan untuk membeli obat tersebut. Hal ini tentua kan merusak kehidupan sosial dan lingkungan sekitarnya.

Bahaya narkoba memang sangat banyak sekali, jangan sekali-kali mencoba menggunakan atau mencoba mengkonsumsi zat paling berbahaya ini. (*)

Catatan: Opini Ini Kerjasama KORAN SeruYA dengan BNN Kota Palopo