Petugas OPP Bajoe memeriksa life jacket kapal
Topik Populer
#Gempa Palu

KORANSERUYA.COM–Untuk memastikan standar keamanan kapal menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, Otoritas pelabuhan penyeberangan (OPP) Pelabuhan Bajoe melakukan pemeriksaan (ramcek) Kapal Penyebarangan Mandala milik perusahaan Jembatan Nusantara, Rabu (29/11/17) sekitar pukul 11.00 wita. yang dipimpin langsung oleh Sony, Kepala OPP Bajoe. Rabu 29 November 2017.

Petugas OPP Bajoe menelusuri setiap ruangan kapal dilakukan pengecekan untuk memastikan Kondisi kelayakan kapal dalam mengantisipasi keselamatan penumpang, mulai dari ruang nakhoda, Ruang Mesin hingga ruang Penumpang, sehingga penumpang merasa aman sampai ketujuan. Setiap kapal harus memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) sebelum berlayar untuk menekan angka kecelakaan di laut.

“Kapal ini memiliki jumlah lift jacket dua kali lipat dari jumlah kapasitas penumpang yakni 400 lebih life jacket dan 10 persen diantaranya life jacket anak dengan kapasitas penumpang 272 orang, setelah diakukan pengecekan di kapal ditemukan kekurang hanya alat keselamatan kapal, tadi ada beberapa life jacket yang rusak, dan salah tempat tapi sudah diperbaiki,” Kata Sony sembari menambahkan jika pemriksaan ini akan dilakukan rutim kepada Kapal Penumpang lainnya guna memastikan layak tidaknya unutk beroprasi.

Kendati demikian OPP dalam hal ini hanya memeriksa standar pelayanan minimum, untuk kelayakan kapal oleh Syahbandar selain itu, dalam pengecekan tersebut kata Sony, penyediaan lift jacket dan simulasi penggunaan sangatlah penting, karena  pengadaan Lift jacket serta cara penggunaannya sebagai persyaratan keselamatam penumpang saat hal yang tidak diinginkan terjadi. (abdulwarishasrat)