dr Ishak Iskandar
dr Ishak Iskandar

KORANSERUYA.COM–Tiga daerah di Luwu Raya dipastikan menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan (Menkes) RI bidang kota/kabupaten sehat tingkat Nasional tahun 2017. Kota Palopo menerima Swasti Saba Wistara (Utama) sebagai kota sehat, sedangkan Kabupaten Luwu Timur dan Luwu Utara meraih  Swasti Saba Wiwerdha Tingkat Nasional atau kabupaten sehat di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palopo, dr Ishak Iskandar, membenarkan jika Kota Palopo meraih predikat Kota Sehat tingkat Nasional tahun 2017 untuk kategori Swasti Saba Wistara atau tingkat utama. “Alhamdulillah, tahun ini kita (Palopo) dapat Swasti Saba Wistara,” ujar dr Ishak Iskandar via ponselnya kepada KORAN SeruYA.

Menurut Ishak, Kota Palopo bersama daerah lainnya di Indonesia yang menerima penghargaan Kota Sehat ini, akan diundang ke Jakarta pada tanggal 28 November 2017 mendatang. “Bapak Walikota Palopo yang akan menerima penghargaan ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Kabupaten Luwu Timur sukses meraih penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Wiwerdha tahun 2017.

“Alhamdulillah Luwu Timur raih penghargaan Swasti Saba Wiwerdha Kabupaten Sehat, dengan berdasarkan surat Mendagri RI yang sudah kami terima” kata Irwan, Jumat (24/11/2017).

Irwan menjelaskan dari lima tatanan yang diajukan meliputi kawasan permukiman sarana dan prasarana umum, kawasan pertambangan sehat, dan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, Hutan Sehat serta Ketahanan Pangan dan Gizi, kemungkinan hasil penilaiannya baik, sehingga diganjar penghargaan.

“Terima kasih semua pihak terkait yang telah mempersiapkan dengan baik seluruh tatanan yang diajukan,” katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya Tim Verifikasi Nasional Kabupaten/Kota Sehat 2017 bertandang di Kabupaten Luwu Timur belum lama ini.

Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat, dipimpin Budiman Sitepu bersama Taufikurahman dari Kementerian Kesehatan, dan dua lainnya dari Kementerian Dalam Negeri, Umar, Dewi dan Kasirin. Kedatangan tim ini juga didampingi tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Beberapa lokus yang disambangi tim verifikasi nasional antaralain, RSUD I Lagaligo Wotu, Puskesmas Wotu, SMP Negeri 1 Tomoni, kelompok wanita tani (KWT) Desa Kalpataru Kecamatan Tomoni. Selanjutnya tim memantau Sekretariat Forum Kabupaten Sehat, kemudian bergeser ke Forum Kecamatan Sehat Wasuponda dan Pokja Desa Sehat Tabarano.

Selepas itu, Tim Verifikasi Nasional bertolak menuju Sorowako Kecamatan Nuha, ditempat ini tim memantau Nursery atau Pusat Pembibitan Penghijauan PT Vale Indonesia, kemudian masuk ke area pertambangan PT Vale Indonesia. Selepas itu tim melanjutkan memantau tanaman herbal dan produk kreatifnya di Desa Nikkel Kecamatan Nuha. (*/cbd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + 13 =