MAKASSAR — Nasib pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) kini memasuki masa-masa krusial, pekan ini. Pasca-menunjukkan komitmen tak bercerai, kejelasan dukungan partai politik (parpol) sedang dinanti.

Adakah parpol yang siap dibarisan pasangan yang teguh memegang komitmen ini? Hingga hari ini, memang baru PPP yang pasti. Sementara partai lain yang tersisa, dikabarkan masih mempertimbangkan.

Juru Bicara IYL-Cakka, Henny Handayani, tidak menampik jika pihaknya masih mengharapkan dukungan parpol. Hanya saja, sejauh ini ia belum mendapat kabar mengenai kepastian tambahan partai.

“Pak IYL sedang berada di Jakarta selama dua hari terakhir. Tentu saja, beliau sedang melakukan komunikasi ke elit parpol. Tapi pastinya tak ada diskusi soal mengganti pasangan,” kata Henny saat dikonfirmasi, Rabu (01/11/2017).

Menurut dia, meski sejauh ini belum mendapat informasi partai apa saja yang siap bergabung, namun pihaknya sangat optimistis jika dalam waktu dekat IYL-Cakka bisa mencukupkan syarat dukungan parpol untuk maju di Pilgub Sulsel.

“Pak IYL sudah menyampaikan ke kita, bahwa jangan ragu. Insya Allah, IYL-Cakka optimis maju lewat dukungan parpol,” tambah Henny.

Sejauh ini, IYL-Cakka memang baru mengantongi rekomendasi PAN dan PPP. Hanya untuk PAN, belum bisa dipastikan bakal bergabung secara kelembagaan, karena juga menerbitkan rekomendasi ke NA-ASS.

Praktis sejauh ini, baru PPP yang aman. Itupun belum cukup untuk mendaftar di partai, karena kursi yang dimiliki di DPRD hanya 7. Sementara syarat mengusung pasangan, minimal 17 kursi. Artinya, butuh tambahan minimal 10 kursi lagi dari partai yang tersisa.

Kendati demikian, peluang IYL-Cakka bisa langsung aman maju lewat dukungan partai, andai Partai Demokrat menyatakan sikap mendukung pasangan ini. Mengingat, perolehan kursinya di DPRD, yakni 11 kursi. Jika digabungkan dengan PPP, maka total kursinya, yakni 18.(rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − 5 =