Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler meresmikan pengoperasian Pelabuhan Laut Lampia yang sekaligus juga dirangkaikan dengan pengapalan perdana Crude Palm Oil (CPO) oleh PT. Bumi Maju Sawit (BMS). Tampak Wakil Bupati Lutim, Ir. Irwan Bachri Syam, ST., dan Ketua DPRD Luwu Timur, H. Amran Syam, SH., menyaksikan prosesi pengguntingan pita
Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler meresmikan pengoperasian Pelabuhan Laut Lampia yang sekaligus juga dirangkaikan dengan pengapalan perdana Crude Palm Oil (CPO) oleh PT. Bumi Maju Sawit (BMS). Tampak Wakil Bupati Lutim, Ir. Irwan Bachri Syam, ST., dan Ketua DPRD Luwu Timur, H. Amran Syam, SH., menyaksikan prosesi pengguntingan pita

PEMERINTAH Kabupaten Luwu Timur (Lutim) melalui Dinas Perhubungan Lutim kembali menunjukkan keseriusannya dalam mewujudkan visi misi Luwu Timur sebagai Kabupaten terkemuka. Hal tersebut dibuktikan dengan diresmikannya pengoperasian Pelabuhan Laut Lampia oleh Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, di Pelabuhan Laut Lampia, Desa Harapan Kecamatan Malili, Jumat (06/07/2018) lalu.

Melalui pemotongan pita oleh Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler meresmikan pengoperasian Pelabuhan Laut Lampia yang sekaligus juga dirangkaikan dengan pengapalan perdana Crude Palm Oil (CPO) oleh PT. Bumi Maju Sawit (BMS). Direncanakan, sebanyak 2.300 ton minyak sawit akan dikirim ke Gresik melalui KM Victor I yang telah siap di pelabuhan.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, di antaranya Wakil Bupati Luwu Timur, Ir. Irwan Bachri Syam, ST., Ketua DPRD Luwu Timur, H. Amran Syam, SH., Kepala Syahbandar Malili, Direktur PT. BMS, Sekertaris Daerah Luwu Timur, H. Bahri Suli, sejumlah kepala OPD, dan Camat se-Kabupaten Luwu Timur, Pimpinan Instansi dan Perusahaan serta tokoh masyarakat.

HM. Thorig Husler dalam sambutanya menyampaikan ungkapan bahagia dan syukur atas dimulainya pengoperasian pelabuhan yang bertempat di Desa Harapan ini. Perlu diketahui, pelabuhan ini merupakan salah satu mimpi besar masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

“Sebuah penantian yang cukup panjang, terhitung sudah 13 tahun lalu kita mulai membangun pelabuhan ini, patut kita bersyukur atas tekad dan pencapaian ini,” ungkap Husler.

Bupati Lutim menuturkan bahwa Pelabuhan Laut Lampia ini diharapkan nanti menjadi sebuah pintu utama pergerakan perekonomian Kabupaten Luwu Timur sehingga mampu mendongkrak dan menggerakkan pertumbuhan ekomoni daerah.

Untuk itu, pemerintah daerah terus berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarananya agar pelayanan yang diberikan pelabuhan itu semakin maksimal. Salah satunya ialah dengan menambah akses jalan masuk pelabuhan, penyediaan air bersih dan listrik.

Selain pembenahan pada bagian sarana pelabuhan, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur juga tengah merencanakan untuk membuatkan regulasi terkait managemen pengoperasian dan pemanfaatan sumber daya manusia lokal untuk pengoperasian pelabuhan Lampia ini.

“Kita sudah merencanakan, bukan hanya fasilitas pelabuhan saja yang dibangun tapi juga akan melaksanakan perampungan akses kearah pelabuhan serta managemen pengoperasian pelabuhan, dalam hal ini tenaga kerja dan petugas pelabuhan diupayakan menggunakan tenaga kerja lokal,” ungkapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Husler juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung sehingga Pelabuhan Laut Lampia dapat beroperasi. “Semoga memberi banyak manfaat bagi masyarakat Luwu Timur,” tutupnya. (hms/ikp/kominfo)