ezra walian, timnas indonesia
Ezra Walian.

KORANSERUYA.COM–Penantian panjang dalam proses naturalisasi Erza Walian berakhir sudah. Pemain Ajax Amsterdam itu resmi mengantongi status Warga Negara Indonesia, setelah Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden tentang naturalisasi, Senin (20/3).

Ezra bahkan sudah sudah bisa melakoni laga debut kala Indonesia menghadapi Myanmar, Selasa (21/3).

BACA JUGA: Walah…Ternyata Warga Lutim Minta Rp 700 juta/meter untuk Bangun Gardu Induk PLN

Dengan terbitnya Keppres bernomor 5/PWI Tahun 2017, tertanggal 20 Maret 2017, berarti Ezra Walian sudah bisa membela Timnas Indonesia. Ezra diharapkan jadi andalan Timnas U-22 di ajang Sea Games 2017, Agustus mendatang.

“Mengabulkan permohonan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Ezra Harm Ruud Walian, lahir di Amsterdam, 22 Oktober 1997, untuk menjadi Warga Negara Republik Indonesia,” demikian bunyi Keppres tersebut.

BACA JUGA: Semoga Jasad Anak Saya Cepat Ditemukan…Kata Ibu yang Anaknya Hanyut di Luwu

Menyusul terbitnya Keppres naturalisasi tersebut, maka peluang Ezra untuk menjalani debut bersama dengan timnas U-22 sangat terbuka. Untuk membela timnas, Ezra tidak perlu melakukan sumpah lebih dulu. Jadi, Ezra mungkin akan langsung ditampilkan oleh Luis Milla pada laga melawan Myanmar pada Selasa (21/3) di Stadion Pakansari, Bogor.

Ezra sendiri menyusul sejumlah pemain yang sudah lebih dulu dinaturalisasi. Sejak digulirkan pada tahun 2009, olahragawan asing/WNA yang telah menjadi warga negara Indonesia/WNI antara lain Cristian Mario González, Irfan Bachdim, Kim Jeffrey Kurniawan, Diego M. Michles, Greg Nwokolo.

Selain itu ada bintang Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 lalu Stefano Lilipaly, Victor Igbonefo, Sergio Van Dijk, Jhonny van Beukering, Tony Cusell Lilipaly, Pierre Bio Paulin, Jamarr Andre Johnson (Basket) dan Roxana Nastrusnicu (Gulat).

(kin)