landscape Taman Binturu Palopo.
landscape Taman Binturu Palopo.

 

KORANSERUYA.COM–Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mulai melakukan pembangunan Taman Segitiga Binturu setelah melakukan penandatanganan kontrak dengan rekanan dihadapan jaksa belum lama ini.

Bangunan lama yang ada di taman tersebut saat ini telah dibongkar dan dimulai pembangunan yang baru. Anggaran untuk taman ini sebesar Rp1.174.800.000, menggunakan APBD TA 2017.

Pelaksana proyek tersebut ialah CV Kathree Utama yang diperkirakan rampung selama 150 hari kalender sejak 19 Juli 2017.

Kadis PUPR, Antonius Dengen mengaku sejumlah pembangunan yang dilakukan pihaknya salah satunya Taman Segitiga Binturu adalah upaya menjadikan wajah Kota Palopo semakin indah.

“Ini upaya Pemerintah untuk membuat Kota palopo lebih indah,” ucapnya.




Hal sama diungkapkan oleh Walikota Palopo, HM Judas Amir belum lama ini. Orang nomor satu di Kota Palopo itu mengatakan, pembangunan taman adalah salah satu program pemerintah agar RTH atau ruang terbuka hijau merata dan berfungsi bukan hanya ruang hijau yang elok dipandang, tapi ruang hijau yang juga bisa dipakai secara sosial, sekaligus tempat rekreasi bagi Kota Palopo.

Suami dr Hj Utiasari ini mengatakan, RTH yang lebih didominasi sebagai taman memang sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga Pemkot akan terus menyediakan taman yang tersebar di beberapa titik di wilayah Palopo.

“Taman merupakan sarana publik yang sangat dibutuhkan keberadaannya, sehingga taman sangat pas untuk dijadikan sarana berinteraksi,” kata Judas Amir.

Dikatakan Judas Amir, keberadaan taman juga sebagai paru-paru kota yang dapat menghasilkan banyak oksigen, serta mampu meredam kebisingan akibat polusi udara. Tidak hanya itu saja, taman juga dapat menambah nilai estetika sebuah lingkungan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah kota.

“Taman menjadi wadah yang sangat penting bagi masyarakat, untuk itu Pemkot Palopo secara bertahap akan membangun taman ditempat yang sesuai dengan ruang terbuka hijau,” katanya.

Dikatakan Judas Amir, Pemkot membutuhkan kerjasama dari masyarakat agar mau untuk menjaga kebersihan dan keindahan taman. (asm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + eight =