Suasana sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula.
LUWU — Ratusan siswa SMA dari berbagai sekolah di Luwu, mengikuti sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula yang dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Luwu, Kamis (23/11/17) di ruang refresentatif Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu.
Wakil Bupati Luwu, Amru Saher, memberikan materi soal pendidikan politik, khususnya bagi pemilih pemula, yakni kalangan pelajar tingkat SMA. Pada kesempatan tersebut, Amru meminta agar siswa-siswi SMA, menjadi bagian dari pilkada yang sebentar lagi akan dilaksanakan.
“Kita semua yang sudah punya hak pilih, harus terlibat dalam pesta demokrasi negara kita, jika sudah punya hak suara, mari kita gunakan, pilih sesuai keinginan kita,” kata Amru Saher.
Apalagi saat ini kata Amru, penggunaan sosial media, khususnya di kalangan generasi muda, sudah cukup massif, sehingga perlu ada filter agar tidak salah menggunakan sosial media.
“Hati-hati, membuat postingan di akun media sosial, jangan menggunakan kalimat yang bisa menyinggung orang lain, profesi atau suku, kita harus bijak menggunakan sosial media,” kata Amru.
Internet bisa digunakan untuk hal-hal positif, misalnya mencari referensi tentang politik, tokoh-tokoh politik di negara kita dan mancanegara, bukan justru menggunakan sosial media untuk menghujat atau menjatuhkan wibawa dan nama baik orang lain.
Belajar berpolitik kata Amru, tidak cukup dengan menonton televisi, atau membaca koran, tapi harus lebih luas. Amru menambahkan, situasi politik saat ini, bisa menjadi pembelajaran bagaimana politik yang sebenarnya.
Sementara Kepala Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Luwu, Alim Bahry, mengatakan kegiatan sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula, perlu dilaksanakan, agar masyarakat khususnya generasi muda, bisa memahami apa itu politik.
“Kegiatan seperti ini memang perlu kita giatkan, banyak hal-hal positif yang bisa disampaikan pada generasi muda kita,” kata Alim Bahry. (eca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 14 =