PALOPO — Pemerintah Kota Palopo dan Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo menyepakati beberapa poin kerjasama yang dituangkan dalam Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU).

MoU antara Pemkot Palopo dengan Unanda Palopo telah ditandatangani bersama yang dirangkaikan dengan Acara Pembekalan KKN-Tematik Kotaku Angakatan XXVII Tahun Akademik 2018/2019, di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Senin 05 November 2018.

Panitia pelaksana, Jusmida ST MT, mengatakan, ini merupakan bentuk kerjasama Universitas Andi Djemma Palopo dengan Pemerintah Kota Palopo, untuk mendukung kerjasama yang baik bersinergitas. “Turunnnya mahasiswa melakukan KKN Tematik Kotaku, sebagai upaya bagi kami untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa melalui program Kota Tanpa Kumuh. Mereka ini akan berada di lapangan selama 2 bulan, dan jumlah 92 mahasiswa,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andi Djemma Kota Palopo, Dr Marsus Suti MKes, mengatakan, pihaknya bersyukur karena Universitas Andi Djemma diberikan kesempatan untuk menjalankan kerjasama dengan pemerintah Kota Palopo.

Walikota Palopo, yang diwakili Sekretaris Kota (Sekkot) Palopo, H Jamaluddin Nuhung, mengatakan, pemerintah telah menargetkan bahwa kekumuhan di seluruh kota-kota di Indonesia dapat dituntaskan hingga akhir 2019.

Hal ini dikenal sebagai konitmen ‘One Hunred-Zero- One Hunred.’ Maknanya pada Tahun 2019, kota-kota di Indonesia harus dapat mencapai 100% sanitasi tersedia dengan Baik, nol wilayah kumuh dan 100% kebutuhan air bersih telah terpenuhi di tengah masyarakat.

“Sehubungan Dengan itu saya berharap Kita semua dapat memahami alasan pentingnya sinergitas Pemerintah Kota palopo Dengan seluruh pemangku pembangunan di daerah, khususnya kalangan perguruan tinggi atau kampus,” katanya.

Ia menyebutkan, menjadi tanggung jawab moril Pemerintah Kota Palopo untuk berkontribusi terhadap kualitas lulusan PT dengan memberi ruang peran dan praktek keilmuannya, sebaiknya kampus sebagai sumber tenaga baru dan segar dalam pembangunan daerah.

“Saya berharap kerjasama ini dapat menjadi praktek terbaik kerjasama sinergi Pemerintah Kota Palopo dengan kampus dari berbagai aspek, sehingga dapat menjadi motivasi dan contoh bagi implementasi kerjasama dan sinergitas yang kedepan lebih banyak kita perlukan,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada seluruh pihak yang terlibat dan diharapkan berperan aktif dalam kerjasama ini, untuk bersungguh-sungguh, ikhlas bersemagat dalam melakukan seluruh agenda KKN-Tematik Program Kotaku di lokasi masing-masing. (hms)