Abdul Tayyib
Abdul Tayyib

KORANSERUYA.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu, bertindak tegas. Dari 110 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dinyatakan lolos, hanya 109 yang dilantik, Minggu (29/10). Satu orang diantaranya yakni Irham As’ad, batal dilantik dan digugurkan.

Irham yang lolos menjadi PPK di Kecamatan Suli itu dilaporkan pernah menjadi pengurus salah satu parpol pada 2013 silam. ” Padahal aturannya, kalau ingin menjadi anggota PPK minimal 5 tahun terakhir tidak menjadi anggota parpol. Yang bersangkutan sudah kita panggil dan dia mengakuinya. Makanya, kebijakan kita adalah dengan menggantinya,” kata Ketua KPU Luwu, Abdul Tayyib, Senin (30/10).

Menurut Tayyib, anggota PPK yang batal dilantik tersebut akan digantikan oleh cadangan nomor urut enam. Tayyib menegaskan, pihaknya tidak main-main dengan aturan. Itu karena KPU sudah menyatakan tekadnya menyelenggarakan pemilu secara bermartabat.

” Kami tidak akan mentolerir anggota PPK yang mencoba main-main dengan pasangan calon atau yang masih terdaftar sebagai pengurus parpol,” tegasnya. Sejak awal kata dia, pihaknya telah mengeluarkan pengumuman bahwa salah satu syarat untuk diterima menjadi anggota PPK adalah tidak terdaftar sebagai pengurus parpol lima tahun terakhir. ” Ini sikap tegas kita,” katanya. (eca)