RSUD Sawerigading Palopo
RSUD Sawerigading Palopo
Topik Populer
#Gempa Palu

PALOPO–Penjabat Walikota Palopo, Andi Arwien Azis menyebut RSUD Sawerigading makin maju. Meski sudah memiliki fasilitas dan layanan yang cukup lengkap, namun pelayanan kepada masyarakat harus lebih dimaksimalkan lagi.

Arwien sudah paham, salah satu sektor yang mendapat perhatian khusus pemerintah Kota Palopo selama ini adalah sektor kesehatan. “Makanya, kita harap terus berinovasi memberikan layanan prima dan semakin maju lagi ditunjang dengan peralatn yang modern,” sebutnya.

Satu kesyukuran, kata Kepala BPKAD Sulsel itu bahwa RSUD Sawerigading sudah menjadi rumah sakit rujukan regional. Fasilitas dan alat kesehatannya telah lengkap dan memenuhi standar.

“Masyarakat tak perlu jauh-jauh lagi berobat ke Makassar,” katanya.

(BACA JUGA): 
Pak Jokowi, Tolong Dengarkan “Curhat” Honorer K2 Administrasi Jelang Seleksi CPNS 2018

Kota Palopo, kata walikota sebagai salah satu daerah penyangga pembangunan provinsi Sulawesi Selatan, khususnya pada jazirah utara Sulsel. ”RSUD telah mencover layanan kesehatan bagi masyarakat kabupaten/kota sekitar Palopo, dengan ditetapkannya RSUD Sawerigading sebagai rumah sakit rujukan regional,” tambahnya.

Namun demikian, meskipun sejumlah fasilitas dan alat kesehatannya telah memenuhi standar dan representatif, masih dibutuhkan dukungan dan bantuan agar RSUD Sawerigading dapat lebih modern dan memenuhi harapan masyarakat.

(BACA JUGA): 
Tiga Pemuda Bone Terjatuh Dari Tower Tua, Satu Tewas, Dua Kritis

Arwien mengungkapkan, sebagai kota yang telah berulang kali meraih predikat kota sehat dari Kementrian Kesehatan, Kota Palopo saat ini masih butuh dukungan pengembangan program kesehatan berbasis kemasyarakatan sebagai upaya pelibatan peningkatan peran langsung masyarakat dalam pembangunan sektor kesehatan.

Dukungan tersebut dimaksudkan agar pelaksanaan program unggulan oleh pemerintah dan masyarakat selama ini dapat kesehatan yang digagas dan dikembangkan, terlaksana secara berkesinambungan.

”Olehnya itu, dukungan anggaran dari pemerintah pusat masih terus diupayakan untuk menyikapi keterbatasan APBD Kota Palopo,” paparnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Sawerigading, dr Nasaruddin Nawir, mengatakan pihaknya memiliki sejumlah layanan unggulan untuk pasien. Seperti layanan cuci darah.

“Kita sudah punya alat cuci darah. Gratis bagi peserta BPJS Kesehatan. Ini sangat berguna bagi masyarakat. Mereka tak perlu lagi jauh-jauh ke Makassar yang memakan biaya transportasi,” kata dr Nasar.

(BACA JUGA): 
Widy Astuti Nur Husain, Dokter Teladan Tingkat Nasional 2018 Asal Luwu Utara

dr Nasaruddin menambahkan, ada sejumlah layanan unggulan yang dimiliki RSUD Sawerigading diantaranya CT-Scan, X-Ray Digital, Panoramic Radiologi, USG 4 Dimensi, Cardiologi, layanan ortopedi dan bedah saraf, layanan bedah tumor, layanan paru-paru dan berbagai macam poliklinik lainnya.

“Di RSUD Sawerigading sudah lengkap, tak perlu jauh ke Makassar karena pastinya akan menambah biaya. Ayo berobat ke RSUD Sawerigading yang telah menjadi RS rujukan di jazirah utara Sulawesi Selatan,” katanya. (asm)