ilustrasi

KORANSERUYA.COM — Fenomena langka pertemuan antara planet jupiter dan venus juga terlihat di Kota Palopo pada Senin (13/11/17) dini hari.

Pertemuan tersebut diketahui menjadi jarak yang paling dekat, sebuah peristiwa astronomi yang dikenal sebagai konjungsi. Jarak kedua planet sekitar 669 kilometer dari pusat tata surya.

Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) Wara Utara, Badan Pusat Statistik Kota Palopo, Awaluddin sempat mengabadikan momen tersebut melalui ponselnya.

BACA JUGA :Gunakan Mobil Dinas Sosial Luwu, Oknum Dosen IAIN Palopo Ditilang

Kepada Koranseruya.com, usai salat subuh sekitar pukul 05.25 WITA, Awal mengaku senang bisa melihat secara langsung peristiwa itu di depan rumahnya di Jalan Mungkasa, tepatnya depan rumah mantan Sekkot Palopo, HM Jaya..

“Saya melihatnya langsung, sangat cantik dengan pantulan cahayanya di langit bagian timur Palopo,” katanya.

“Setelah menghilang, 20 menit kemudian muncul matahari,” tambahnya.

Sebelumnya, jejaring sosial Facebook memberikan informasi terkait akan munculnya fenomena unik ini. Di halaman utamanya pada Minggu (12/11/2017) menulis pemberitahuan tentang peristiwa pertemuan kosmis ini supaya para pengguna Facebook diseluruh dunia mengetahuinya.

BACA JUGA :Bupati Lutra Semangati Pemain PSM, Netizen Malah Gagal Fokus ke Baju yang Dipakai

“Pertemuan Kosmis. Besok dini hari, planet Venus dan Jupiter akan saling bertemu di langit. Bangunlah sebelum matahari terbit untuk menikmati keajaiban yang unik ini,” tulis Facebook.

Momen ini juga menjadi sesuatu yang langka bagi penikmat dunia astronomi. Pengamat menuturkan, kejadian langka tersebut bisa terlihat di sejumlah negara yang terletak di garis lintang, seperti Inggris dan Amerika Serikat.

Di Inggris, Venus diperkirakan mulai terlihat sekitar pukul 05.56 pagi waktu setempat. Sementara itu, Jupiter akan terbit tak lama setelahnya, sekitar pukul 05.58.

BACA JUGA :12 Jabatan Eselon II di Pemkot Palopo Dilelang, Klik di SINI Infonya

Di Los Angeles, AS, Jupiter dan Venus dijadwalkan terbit pada pukul 05.18 pagi waktu setempat. Sementara di New York, kedua planet itu bisa terlihat di cakrawala kota tersebut sekitar pukul 06.24 waktu lokal.

Sementara di Indonesia, diperkirakan muncul bersamaan selama satu jam sekitar pukul 04.00 WIB. (*/asm)

BERIKUT VIDEO YANG SEMPAT DIABADIKAN MASYARAKAT PALOPO : 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + 11 =