Para siswa Peserta Pendidikan dan Pelatihan Dasar kepalangmeraan bersama guru pembinanya dan KSR PMI Palopo

KORANSERUYA.COM — Palang Merah Remaja (PMR) SMPN 4 Palopo melantik dan menggelar pelatihan Kepalangmerahan dan Usaha Kesehatan Sekolah, Sabtu -Minggu (4-5/11). Kegiatan ini diikuti oleh 33 anggota baru dari kelas 7-9. Hadir fasilitator dari Korps Sukarela (KSR) PMI Palopo.

Pembina PMR SMP 4 Palopo, Muhammad Nawir mengatakan para anggota baru yang dilantik ini nantinya akan disiapkan untuk menjadi petugas piket di UKS di sekolah. ” Mereka yang dilantik ini akan kami siapkan untuk menjadi petugas UKS di sekolah yang akan membantu menangani siswa yang pingsan saat upacara dan memberikan pertolangan pertama bagi siswa-siswa yang mengalami kecelakaan,” katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan penyampaian walikota Palopo yang ingin menghidupkan kembali UKS yang ada disetiap sekolah.
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah usaha untuk membina dan mengembangkan kebiasaan dan perilaku hidup sehat pada peserta didik usia sekolah yang dilakukan secara menyeluruh (komprehensif) dan terpadu (integrative) melalui program pendidikan dan penyuluhan kesehatan.

UKS adalah bagian dari usaha kesehatan pokok yang sesuia beban tugas puskesmas yang di tujukan kepada sekolah-sekolah. Untuk optimalisasi program UKS perlu ditingkatkan peran serta peserta didik sebagai subjek dan bukan hanya objek. Dengan UKS ini diharapkan mampu menanamkan sikap dan perilaku hidup sehat pada dirinya sendiri dan mampu menolong orang lain. Dari pengertian ini maka UKS dikenal pula dengan child to child programe. Program dari anak, oleh anak, dan untuk anak untuk menciptakan anak yang berkualitas. (jun/adn)

BACA JUGA :SDN 1 Lalebbata, Lolos ke Babak 16 Besar Liga Sepakbola 7-12 Tahun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + twelve =