KORANSERUYA.COM – – Ajang Porda XVI Sulsel di Pinrang telah berakhir, Minggu, 30 September 2018, dan Bone berhasil menduduki posisi ke 4 Peraih Medali terbanyak pada Porda di Pinrang dengan jumlah 102 medali yang terbagi dari 27 emas, 27 perak dan 48 perunggu.

Kontingen Bone meraih emas pada cabor judo (6), senam (6), Dayung (2), panahan (2),
Taekwondo (2), Kempo (2), Billiard (2), karate (1), balap motor (1), renang (1), Softball (1) dan Tinju (1).

Kendati demikian perolehan medali tersebut gagal mengantar KONI Bone mencapai target yang ditetapkan dari awal yakni posisi 3 besar. di posisi akhir Pangkep dan Selayar unggul satu medali Emas di banding Bone pada urutan ke dua dan tiga peraih medali Porda XVI Pinrang.

“Atlet kita sudah berusaha maksimal, mulai dari Pra Porda hingga hari ini, namun tetap tuhan juga yang menentukan, dan hasilnya seperti hari ini,” kata Andi Haidar, Ketua KONI Bone.

Haedar menambahkan beberapa cabor yang semula diharapkan menambah medali namun hasilnya diluar ekspetasi, seperti cabor menembak, atletik dan renang.

“Seperti menembak, waktu praporda meraih 5 emas namun saat ini hanya 6 perak, atletik ada kurang lebih 30 medali dan tidak satupun kita ambil,” kata Haedar, kepada koranseruya.com, Minggu 30 September 2018.

Bahkan pada cabor Renang, Haedar mengatakan pada ajang Porda di Bantaeng 2014 pada cabor akuatik ini, Bone meraih 11 emas namun di Pinrang hanya memperoleh 1 emas saja.

Kendati demikian, Haedar mengatakan untuk ajang selanjutnya KONI berbenah khususnya pada cabor yang memiliki potensi emas yang banyak seperti atletik dan renang.

“Potensi atlet kita juga lebih baik, yang berprestasi disini (Porda XVI di Pinrang) adalah atlet muda yang masih berkesempatan kembali berlaga di Porda berikutnya,” pungkas Haedar.

Data yang diperoleh koranseruya.com dari KONI Bone menyebutkan raihan kontingen Bone pada Porda XVI di Pinrang sejumlah 27 medali emas, 27 perak dan 48 perunggu, dibawah Makassar, Pangkep dan Selayar.

Bahkan jumlah medali tersebut dibawah raihan medali saat porda sebelumnya di Bantaeng, saat itu Bone mengumpulkan 32 emas, 32 perak dan 18 perunggu, kendati saat itu Bone keluar sebagai peringkat ke 4, sama posisi saat ini di Pinrang.(abdulwarishasrat)