PALOPO – Untuk terus menjaga dan meningkatkan kebersihan sekolah, SMPN 9 Palopo rutin melakukan jumat bersih. Kegiatan itu sudah menjadi agenda sekolah yang bekerjasama dengan pemerintah setempat dan masyarakat sekitar.

“Sekolah kami melakukan kegiatan jumat bersih bukan hanya di lingkungan sekolah di luar lingkungan sekolah, rumah ibadah, lapangan sepanjang jalan raya poros Trans Sulawesi dan sela-sela rumah warga sekitar,” ucap Kepala sekolah SMPN 9 Palopo, Iding Nangke.

Dia juga mengatakan, gerakan ini merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa akan kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan.

Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi membuat masyarakat dan siswa. Dengan rutinya kegiatan ini, mereka jadi terbiasa hidup bersih dan sehat sekaligus untuk meningkatkan serta mengembangkan budaya kerja sama dan gotong royong bersama pemerintah setempat dan masyarakat.

“Kita berharap kegiatan ini membuat anak-anak sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan dan pentingnya bekerja sama dengan lingkungan sekitar agar tercipta kondisi yg aman, bersih dan bebas dari bahaya penyakit dari sampah,” harapnya. (ren/liq)