Akram Risa
Akram Risa
Topik Populer
#Gempa Palu

 

KORANSERUYA.COM–Kabar gembira bagi seluruh guru di Kota Palopo, terutama guru yang telah mengantongi sertifikasi. Paling lambat hari Rabu, 26 Juli 2017, Dinas Pendidikan Kota Palopo akan membayarkan dana tunjangan profesi guru atau yang biasa disebut tunjangan sertifikasi.

“Saya sudah tandatangani berkas pencairannya, Insya Allah, paling lambat hari Rabu 26 Juli bisa ditransfer langsung ke rekening guru,” kata Kepala Dinas Pendidikan Palopo, Akram Risa via ponselnya kepada KORAN SeruYA.

Menurut Akram, pembayaran sertifikasi guru di Palopo ini, adalah yang pertama di Sulsel. “Alhamdulillah, kita (Palopo) kembali pertama bayarkan sertifikasi guru,” ujar Akram.

Untuk diketahui, penerima tunjangan profesi atau sertifikasi, yaitu guru yang berstatus sebagai Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Guru Bukan PNS yang telah memiliki sertifikat pendidik dan Nomor Registrasi Guru (NRG).




Guru tersebut juga harus memenuhi beban kerja, dan melaksanakan tugas dan fungsinya secara profesional sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Adapun besaran tunjangan profesi bagi guru, yakni guru PNS diberikan tunjangan sebesar gaji pokok per bulan. Sedangkan, guru bukan PNS yang sudah disetarakan (inpassing) diberikan tunjangan sebesar 1 (satu) kali gaji pokok per bulan disesuaikan dengan memperhatikan Pangkat, Golongan, Jabatan dan Kualifikasi Akademik yang berlaku bagi guru PNS sebagaimana tercantum dalam SK Inpassing, tidak memperhitungkan ketentuan masa kerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Guru Bukan PNS yang belum disetarakan (non inpassing) diberikan tunjangan profesi sebesar Rp 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) per bulan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sesuai petunjuk teknis (Juknis) tentang penyaluran tunjangan profesi guru, penyaluran tunjangan dilaksanakan secara triwulanan, yaitu
triwulan I paling cepat pada bulan Maret, triwulan II paling cepat pada bulan Juni, triwulan III paling cepat pada bulan September, dan
triwulan IV paling cepat pada bulan November. (cbd)