Jakarta — Di tengah perayaan Hari Jadinya yang ke-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, melalui Dinas Kesehatan, mendapat kado istimewa nan terindah dari IndoHCF bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, berupa penghargaan Innovation Awards II 2018.

Penghargaan ini diterima Kepala Dinas Kesehatan Andi Muhammad Nasrum, Kamis (26/4) malam, di Grand Ballroom Fairmont Hotel Jakarta, Jl. Asia Afrika Nomor 8 Jakarta Pusat. Penghargaan diserahkan mantan Menteri Kesehatan RI, Andi Napsiah Walinono Mboi.

Innovation Awards adalah penghargaan yang diberikan kepada sebuah daerah yang dinilai terbaik dalam inovasi di sektor kesehatan, dan Luwu Utara didaulat sebagai Kabupaten Terbaik dan Terinovatif kategori GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dengan judul “KOPI GAUL KEREN”, Kelompok Peduli Ibu Gabung Usia Lanjut Konsisten Bergerak dan Energik, dengan inovator Iin Fauzia Frida.

“Alhamdulillah, ini kado istimewa untuk Luwu Utara yang tengah merayakan Hari Jadinya yang ke-19,” tutur Kadis Kesehatan, Andi Muhammad Nasrum, usai menerima penghargaan tersebut.

Ada yang menarik dari malam penganugerahan finalis lomba inovasi IndoHCF bekerjasama Kementerian Kesehatan RI ini. Ketua Umum Indonesia Healthcare Forum Dr. dr. Supriyantono, Sp.P, MARS., dan Tim IndoHCF secara tak terduga memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Pemda kabupaten Luwu Utara. “Selamat Ulang Tahun XIX buat Kabupaten Luwu Utara. Sukses selalu, Luwu Utara, Aku Padamu,” ujar Supriyantono, yang diikuti applaus dari seluruh tamu yang hadir.

Pada malam penganugerahan ini, beberapa tokoh penting hadir, di antaranya Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar, Inspektur Jenderal Kemenkes RI drg. Oscar Primadi, MPH, Ketua Umum IndoHCF Dr. dr. Supriyantono, Sp.P, MARS, Presiden Direktur IDSMED dan sejumlah pejabat, Bupati dan Walikota penerima penghargaan. Sementara dari Dinkes Lutra yang turut hadir di antaranya adalah Kabid Kesmas Anjas Rusli, dan Kepala Labkesda Dinkes yang juga sang inovator, Iin Fauzia Frida.

Lomba ini adalah tahun kedua yang diselenggarakan IndoHCF dengan 5 kategori, yaitu (1) Kategori GERMAS Tingkat Kabupaten yang diraih Luwu Utara dan Kota (Jogjakarta); (2) Kategori Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu Tingkat Provinsi (DIY Aceh), Kabupaten (Sula) dan Kota (Bandung); (3) Kategori Kesehatan Ibu dan Anak Tingkat Kota, (4) Kategori Inovasi Alat Kesehatan tingkat Perorangan/lembaga; dan (5) Kategori ICT (Information, Communication and Technolgy).

Di tempat terpisah, Bupati Indah Putri Indriani, dalam sambutannya di Sidang Paripurna DPRD dalam rangka Peringatan HUT XIX Luwu Utara, Jumat (27/4), mengucapkan terima kasih atas penghargaan Innovation Awards yang diraih pada Kamis malam. Menurutnya, apa yang diraih berkat dukungan dan kerja cerdas semua pihak.

“Semalam kita mendapatkan penghargaan di sektor kesehatan berupa Innovation Awards. Itu berarti, dalam minggu ini kita mendapatkan 3 penghargaan sekaligus. Terima kasih atas kerja-kerja cerdas kita selama ini,” ujarnya. (LH)