MAKASSAR — Ketua Desk Pilkada DPW PAN Sulsel, Syamsuddin Karlos menegaskan jika dalam waktu dekat, kandidat walikota Palopo, Basiruddin tak mencukupkan koalisinya maka pihaknya akan mengalihkan dukungannya ke Petahana, Judas Amir.

” Akan kita putuskan pekan ini. Kalau Basiruddin tak mampu mencari atau mencukupkan koalisinya maka kita akan mendukung petahana Palopo,” kata Syamsuddin Karlos saat dihubungi via handphonenya, Sabtu (11/11).

PAN mengontrol dua kursi di DPRD Palopo. Sementara yang dibutuhkan untuk maju di pilkada Palopo sesuai yang dipersyaratkan KPU, minimal lima kursi.

Sejak September lalu, DPP PAN sudah menyerahkan surat tugas ke Basiruddin yang tercatat sebagai Wakil Bendahara Umum DPP PAN. Hanya saja, hingga saat ini Basiruddin belum juga mampu meyakinkan PAN bahwa dirinya sudah mendapat dukungan partai lain.

Menurut Karlos, sudah beberapa kali pihaknya melakukan komunikasi dengan Basiruddin. Basiruddin tetap yakin ada beberapa partai yang akan berkoalisi dengan PAN.

” Tapi beberapa partai yang disebut itu, kita tahu sudah mendukung Judas Amir. Jadi, akan kita putuskan dalam minggu ini, kalau Basir memang tidak mampu,” kata anggota DPRD Sulsel ini.

Sejauh ini, petahana Judas Amir mengklaim mendapat dukungan dari 23 kursi di DPRD Palopo. Partai yang lepas dari genggaman adalah Hanura yang memberi rekomendasi kepada pasangan Ome-Budi Sada.

Adapun partai yang sudah resmi mengusung JA adalah Nasdem, Golkar, Demokrat, PBB, PDIP, PKB. Jurubicara JA, Astamanga Azis mengatakan, beberapa partai yang belum bergabung seperti PPP, PKS dan Gerindra, tinggal menunggu paket JA.

” Kalau sudah ada paket, rekomendasi akan turun. Ini yang ditunggu oleh DPP tiga partai itu,” kata lelaki yang akrab disapa Manga ini.

PPP dan PKS yang memiliki masing-masing kursi juga berpeluang besar mengusung JA.

Sementara Gerindra, menurut Juru Bicara DPD Gerindra Sulsel, Syawaluddin, memastikan mengusung pasangan Judas Amir-Rahmat Masri Bandaso (RMB). ” Rekomendasi sudah ada untuk JA-RMB. Cuma belum diteken Pak Prabowo karena masih berada di Eropa,” kata Syawal, pekan lalu.

Sebelumnya, Basiruddin mengaku berpaket dengan Mustahir Sidu yang juga Ketua Dewan Pembina Gerindra Palopo. Dia mengklaim didukung oleh PAN-Gerindra.

Koalisi kedua partai inj memiliki lima kursi. Namun, klaim buru-buru dibantah pengurus Gerindra Palopo. (adn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 − 2 =