PALOPO- Seruya. Ketua DPD I Golkar Sulsel, Nurdin Halid, mencopot delapan Ketua DPD II Golkar. Di Luwu Raya, dua ketua yang dilengserkan adalah Ketua Golkar Palopo, Rahmat Basri Bandaso (RMB) dan Ketua Golkar Luwu Timur, Andi Hatta Marakarma.

Anggota DPRD Sulsel, Armin Mustamin Toputiri ditunjuk menjadi Plt Golkar Palopo sedangkan pengurus Golkar Sulsel, Makbul Halim, didapuk menggantikan Hatta Marakarma. RMB yang dihubungi via ponselnya, mengaku sudah menerima informasi tersebut. Dia mengatakan, masa periodenya sebagai Ketua Golkar Palopo memang sudah berakhir.

“Saya memang sudah dua periode duduk sebagai ketua Golkar. Jadi, wajar DPD I mengganti saya,” katanya.

Sejak kalah bertarung di pilwalkot Palopo 2013 silam, RMB cenderung menghilang dari percaturan politik di kota Palopo. Dia lebih memilih terjun di bisnis develover. Kendati demikian menurut mantan Wakil Wali Kota Palopo ini, dirinya tetap aktif di partai berlambang pohon beringin yang membesarkannya.

Lantas siapa yang paling berpeluang menggantikan RMB? Informasi yang dihimpun koran ini menyebutkan tokoh yang berpeluang adalah
Wakil Wali Kota Palopo, Akhmad Syarifuddin alias Ome.

Saat ini, Ome ditunjuk sebagai Korwil Golkar untuk wolayah Luwu Raya. Namun,jabatan tersebut hanya sifatnya sementara. “Saya kira Ome yang paling berpeluang di Palopo,” kata pengurus DPD I Golkar Sulsel yang enggan disebut namanya.

Di Luwu Timur, masa periode Hatta juga sudah berakhir sehingga langsung dicopot. Apalagi, kekuatannya dianggap sudah jauh berkurang setelah tidak lagi menjabat sebagai Bupati Luwu Timur. Hatta juga adalah salah satu loyalis Syahrul Yasin Limpo yang didepak Nurdin Halid sebagai Ketua DPD Golkar Sulsel.

Ada dua calon kuat yang bersaing untuk memperebutkan pimpinan Partai Golkar Luwu Timur. Keduanya adalah Bupati Luwu Timur, Thoriq Husler dan Ketua DPRD Luwu Timur, Arfah Syam.

Ketua Divisi Organisasi dan Daerah DPD I Golkar Sulsel, Risman Pasigai, yang dihubungi membenarkan pencopotan kedua Ketua Golkar tersebut. Diakuinya, DPD I Sulsel mengganti karena periodenya sudah berakhir.

Menurut Risman, DPD I Golkar Sulsel menganggap di wilayah Palopo dan Luwu Timur perlu ada pendekatan yang lebih ekstra. “Kita perlu akselerasi yang lebih cepat di kedua daerah itu. Supaya konsolidasi lebih cepat,” kata Risman.

Terkait jadwal Musda Golkar di daerah Risman mengatakan akan digelar setelah konsolidasi selesai.

Sementara itu untuk Luwu dan Luwu Utara, pimpinan Golkar belum diganti. Luwu masih dijabat oleh Andi Mudzakkar sedangkan Lutra oleh Arifin Junaidi. Tetapi Arifin Junaidi, jauh sebelumnya sudah menyatakan sikap tak ingin lagi menjabat sebagai ketua Golkar.
“Saya sudah capek dan ingin istirahat,” kata mantan bupati Lutra itu. (adn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 9 =