Syahrul Yasin Limpo
Topik Populer
#Gempa Palu

KORANSERUYA.COM — Penentuan pasangan Ichsan Yasin Limpo (IYL) mendapat perhatian banyak pihak. Spekulasi, prediksi dan analisis bermunculan jelang penetapan siapa calon wakil gubernur yang diputuskan mendampinggi Punggawa, sebutan IYL.

Tidak sedikit mengarahkan pendamping IYL ke tangan Andi Mudzakkar (Cakka). Begitu juga ada yang menjagokan jika kans Rusdi Masse (RMS) belum sepenuhnya tertutup mendamping IYL, meski diberbagai kesempatan RMS siap all out memenangkan mantan Bupati Gowa dua periode itu apapun posisinya.

BACA JUGA :Ibu Melahirkan Biawak di Palopo Diakui Pemerintah, ini Suratnya…

Lalu, bagaimana saran Syahrul Yasin Limpo (SYL) ke IYL yang tak lain adalah adik kandungnya? Gubernur Sulsel dua periode ini mengaku sudah memberi masukan khusus ke IYL. Salah satunya memperhatikan faktor geopolitik.

“Harapan saya, IYL harus memperhatikan geopolitik, utara selatan dan tengah. Dan Sulsel harus terakomodasi dengan baik,” pesan Syahrul saat ditanya wartawan mengenai sarannya ke IYL, Minggu (23/7).




Sebagai keluarga yang diminta pertimbangan, Syahrul juga mengaku memberi beberapa masukan lain. Meski demikian, ia juga percaya dengan kemampuan pelopor pendidikan gratis itu menentukan cawagub.

Meski demikian, saat ditanya tentang siapa yang pas mendampingi IYL, antara Cakka dan RMS, Syahrul nampaknya condong ke Cakka.

“Hati kecil saya cenderung ke Cakka,” tegas Syahrul.

BACA JUGA :Datu Luwu Amanahkan Kepemimpinan ke IYL

Sekadar diketahui, penentuan pasangan IYL, selain pertimbangan hasil survei, juga melalui musyawarah sejumlah tokoh yang dilibatkan. Disamping itu, pertimbangan Syahrul juga dibutuhkan sebelum pasangan IYL diperkenalkan ke publik.

Sesuai rencana, penentuan pasangan IYL ditentukan hari ini, baik setelah bertatap muka dengan tokoh yang dilibatkan, maupun komunikasi via telepon. (rls)