Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS) didampingi Koordinator Partai Nasdem Luwu Raya, HM Judas Amir, saat diterima Ketua Partai Demokrat Luwu, Syukur Bijak di kediamannya. (ft/ist)
Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS) didampingi Koordinator Partai Nasdem Luwu Raya, HM Judas Amir, saat diterima Ketua Partai Demokrat Luwu, Syukur Bijak di kediamannya. (ft/ist)

LAPORAN: Tari Lestari, Palopo

KORAN SeruYA–Jalan santai Palopo Sehat 2016, yang digelar Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) bekerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, tanggal 27 November 2016 mendatang, ditarget dihadiri 10 ribu warga kota ‘Idaman’ ini. Bahkan, panitia jalan santai ini optimistis peserta bisa melebihi angka 10 ribu peserta.

Ketua panitia jalan santai Palopo sehat 2016, Herman Saputra, mengatakan, jalan santai yang dilaksanakan pihaknya bekerjasama Pemkot Palopo, diadakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tingkat Kota Palopo.

“Kami sangat optimistis, pesertanya melampaui target 10.000. Sebab, sampai saat ini, pendaftaran masih dibuka di kantor kelurahan dan kecamatan, termasuk kantor SKPD dan sekolah-sekolah,” kata Herman kepada KORAN SeruYA, kemarin.

Menurut Herman, jalan santai ini akan menjadi jalan santai dengan peserta terbanyak yang dilaksanakan KNPI akhir tahun ini di Luwu Raya, terutama di Kota Palopo.

“Kami mengundang anggota DPR RI dari Dapil III Sulsel, seperti Pak Bahrum Daido, HM Luthfi A Mutty, Amran, termasuk Anggota DPRD Sulsel dari Luwu Raya,” ujar Herman.

Tak hanya itu, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, termasuk Bupati Sidrap, Rusdi Masse akan ikut bersama warga Kota Palopo dalam gerak jalan santai yang bertabur hadiah menarik.

Adapun hadiah doorprize bagi peserta jalan santai ini, yakni hadiah utama 1 tiket umroh, 5 sepeda motor, dan berbagai hadiah menarik lainnya berupa alat-alat elektronik. “Penarikan hadiah doorprize setelah peserta finis di Lapangan Gaspa. Jadi, setiap peserta jalan santai ini harus menyetorkan kupon undian dooprize kepada panitia,” kata Herman.

Adapun rute jalan santai Palopo Sehat 2016 ini, yakni peserta mengambil star di Lapangan Gaspa, kemudian mengikuti rute jalan Ahmad Yani menuju ke Masjid Djami Tua Palopo. Dari sini, peserta belok ke Jalan Andi Djemma terus ke pertigaan Jalan Andi Djemma-We Cudai hingga Jembatan Bolong.

Dari Jembatan Bolong, peserta melewati Jalan Kelapa belok ke Jalan Manggga (menuju Pusat Niaga Palopo), Jalan Ambe Nona belok ke Jalan Opu Tosappaile. Dari sini, peserta Jalan santai melintasi Jalan Opu Tosappaile melewati Opsal Plaza, terus membelok ke Lapangan Gaspa memasuki finish.

Peserta berkumpul di Lapangan Gaspa untuk mengikuti penarikan dooprize. “Ada panggung utama di tengah Lapangan Gaspa, dimana peserta akan dihibur Dana Palopo dan si kembar Nada dan Nadya. “Penarikan doorprize diseliling hiburan, dimana akan tampil Dana Palopo dan si kembar Nada dan Nadya,” ujar Herman.

Di tempat terpisah, Ketua KNPI Kota Palopo, Farid Kasim, mengajak elemen pemuda di daerah ini, untuk ikut menyukseskan jalan santai Palopo Sehat 2016, dimana event ini dikerjasamakan KNPI Palopo dengan Pemkot Palopo.

Farid menegaskan, kegiatan ini murni jalan santai yang diadakan pihaknya, dalam rangka memperingati HKN ke-52 tahun 2016.
“Makanya, kami melibatkan semua elemen masyarakat, termasuk stakeholder terkait lainnya. Jadi, tidak ada simbol-simbol politik atau warna-warna lainnya,” ujar Farid.

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Terpadu Kota Palopo ini menambahkan, jalan santai ini sebenarnya sudah lama direncanakan KNPI Kota Palopo, namun baru tahun ini bisa diwujudkan, apalagi tahun ini dalam rangka memperingati HKN ke-52, Kota Palopo meraih predikat Kota Sehat tingkat Provinsi Sulsel. (*)