Rustam Lalong saat mengalungkan bunga kepada perwakilan Kemenhub saat wisuda perwira pelayaran 26 Januari lalu.
Topik Populer
#Gempa Palu

RUSTAM Lalong, merupakan salah satu ASN yang yang peduli pendidikan di Kota Palopo. Berkat sentuhan tangan dinginnya, ia telah mencetak ribuan perwira pelayaran yang kini telah eksis hingga ke luar negeri.

SOSOK pria berbadan tegap terlihat memantau jalannya gladi bersih persiapan wisuda ratusan perwira Pelayaran SMK Pelayaran Samudra Nusantara Utama Palopo Selasa (8/8) sore. Ia sesekali tak segan memberi teguran kepada siswanya yang kurang disiplin dalam peraturan baris berbaris. Ia adalah Rustam Lalong, Ketua Yayasan SMK Pelayaran Samudra Nusantara Utama Palopo.

BACA JUGA :Mengenal Lebih Dekat Hamzah Jalante, Kadis BPKAD Palopo

Sudah 17 tahun ia mendirikan sekolah pelayaran yang terletak di Jalan Dr Ratulangi Palopo. Ia mendirikan sekolah pelayaran tersebut pada 17 Juli 2000. Saat menempuh pendidikan di STIEM Palopo tahun 90-an silam, Rustam Lalong pernah menjabat sebagai Komandan Batalion Resimen Mahasiswa (Menwa) Stiem Palopo. Bahkan Rustam pernah ditunjuk sebagai pelatih baris berbaris Kiraj Remaja Nasional.

Berbekal kedisiplinan, Rustam akhirnya tertarik mendirikan sekolah pelayaran. Mendirikan sekolah pelayaran tidak semudah membalikkan telapak tangan. Rustam harus jor-joran membangun sarana dan prasaran sekolah hingga gencar promosi. Di tahun pertama sekolah pelayaran itu beroperasi, tercatat sekitar 40an siswa terdaftar. Kini sekolah pelayaran tersebut memiliki 800-an taruna setiap tahunnya. Rata-rata mereka yang menimba ilmu berasal dari luar Kota Palopo.

BACA JUGA :Jelang Deadline Mutasi Walikota Palopo

“Kunci kesuksesan saya adalah kedisiplinan dan ketekunan. Apa pun itu jika ditekuni, pasti akan ada jalan menuju kesuksesan,” kata Rustam Lalong yang kini menjabat sebagai Sekretaris Camat Wara Utara.

Sambil menjalankan tugas sebagai abdi negara, Rustam tak sedikitpun lengah mengurusi pendidikan muridnya. Sesekali ia memberikan motivasi kepada para taruna sehingga kelak menjadi orang sukses di dunia kemaritiman.

“Membangun kedisiplinan orang itu diawali dari diri sendiri. Sejak awal, saya berusaha hidup disiplin. Inilah yang kemudian saya tularkan ke anak didik,” kata mantan Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Kota Palopo itu.

BACA JUGA :Lima Figur Calon Pendamping Judas di Pilkada Palopo

Sebagai Ketua Yayasan, Rustam begitu bangga dengan alumni SMK Pelayaran Samudra Nusantara Utama Palopo. Pasalnya hingga saat ini ribuan alumninya telah terserap di dunia kerja. Baik dalam negeri maupun di luar negeri. “Rata-rata alumni SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo bekerja di luar negeri,” jelas pria kelahiran 31 Desember 1968 itu. (asm)