Kepala Rutan Kelas II B Masamba, Efendi
Kepala Rutan Kelas II B Masamba, Efendi
Topik Populer
#Gempa Palu

KORANSERUYA.COM — Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Masamba over kapasitas. Rutan ini daya tampungnya hanya 220 orang. Kenyataannya penghuni rutan per tanggal 10 Agustus 2017 ini sudah mencapai 333 orang.

Untuk mengimbangi kelebihan itu, Kepala Rutan Kelas II Masamba, Efendi AMd SSos MSi, yang dikonfirmasi, mengatakan, per tiga bulan sekali, pihaknya mengirim kurang lebih 18 orang narapidana ke Lapas Makassar. “Kalau tidak begitu, mungkin penghuni rutan ini bisa sampai 400 orang lebih,” kata Efendi.

BACA JUGA : SOCCER SERUYA: Dortmund Pasang Harga Selangit

Lebih jauh dijelaskan, narapidana yang dikirim di Makassar, adalah narapidana yang masa hukumannya lama. “Meski masa hukumannya tidak lama, namun jika sering melanggar maka akan kita kirim juga,” tegasnya.

Di Rutan Kelas II Masamba saat ini dihuni sebanyak 333 orang. Tahanan ada 103 orang dan narapidana ada 230 orang. Itu diawasi sebanyak 32 petugas rutan. “Kasus yang menjerat para napi dan tahanan didominasi kasus narkoba, perkelahian antar kampung dan asusila terhadap anak dibawa umur,” jelas Efendi.




Menurutnya, ada enam blok di dalam rutan. Blok wanita, anak-anak, blok kasus narkoba, blok tahanan dan dua blok lainnya untuk kasus pidana umum. “Sama dengan Lapas Palopo, di Rutan Masamba juga membawahi dua kabupaten, Lutra dan Lutim,” sebutnya.

Selain over kapasitas, fasilitas di rutan juga cukup miris. Mobil dinas operasional saja tidak ada. “Alhamdulillah, baru baru ini mobil dinas yang ada di Makassar dipindahkan kesini. Itupun mobil keluaran tahun 2002,” tandasnya. (tia)