LUTRA – Program inovatif, Semalam di Desa, merupakan salah satu program yang senantiasa mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di wilayah terpencil. Bukan tanpa sebab jika program ini begitu dinanti masyarakat desa. Pasalnya, dalam program ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) sebagai leading sector, menggelar acara dialogis yang diberi nama ‘Masyarakat Bertanya, Pemerintah Menjawab’, seperti yang dilakukan di Desa Pengkendekan Kecamatan Rongkong, Sabtu (21/4) kemarin, yang juga dihadiri orang nomor satu di Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Lewat acara itu, pemerintah menyerap aspirasi, keinginan, dan harapan masyarakat yang sebelumnnya tenggelam kini mengapung ke permukaan untuk dibahas dan dicarikan solusi. Cerdas dan responsif, karena setelah mendengar pertanyaan, dijawab, lalu pemerintah melakukan tindakan untuk segera dicarikan solusi.

“Kegiatan ini berjalan efektif selama 2 tahun dan sudah dilakukan 4 kali. Alhamdulillah, respon dan antusiasme masyarakat luar biasa. Terima kasih atas sambutan hangat ini,” ujar Bupati Indah Putri Indriani saat bertemu masyarakat Desa Pengkendekan dalam acara Semalam di Desa, Sabtu (21/4)

Indah Putri Indriani mengatakan, program Semala di Desa adalah upaya pemerintah untuk lebih dekat lagi dengan masyarakatnya guna merasakan denyut nadi pembangunan di desa, selain tentunya mempererat tali silaturahim.

“Karena jarak dan kesibukan yang kita lakukan di hari kerja, maka melalui kegiatan Semalam di Desa di akhir pekan ini, kita bisa lebih dekat dengan masyarakat guna mendengar keluhan dan masalah yang ada di desa dan mencarikan solusi secara bersama-sama,” ujar Indah di hadapan masyarakat desa, serta seluruh pejabat teras di jajaran lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara.

Sementara itu, Kepada PMD, Misbah, tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan satuan kerja perangkat daerah yang turut mengambil bagian dalam setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat untuk bersama-sama mencarikan solusi terhadap permasalahan tersebut.

“Kegiatan yang kita lakukan ini adalah berkat dukungan masyarakat dan seluruh Kepala SKPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara. Untuk itu, terima kasih atas dukungan kita semua,” tutur Misbah.

Dalam kegiatan ini, Bupati memberikan 54 paket alat tulis-menulis di dua sekolah masing-masing di desa Uri dan Balanalu. Juga dilakukan inseminasi buatan Upsus SIWAB untuk hewan ternak wajib bunting. Penyerahan bibit sayur untuk pemanfaatan lahan pertanian dan lahan pekarangan. Peresmian Pansimas atau akses air bersih 100 persen. Sosialisasi masyarakat aman dan tertib jelang Pilgub. Sementara untuk Kecamatan Rongkong diutamakan program pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan tempat wisata seperti Limbong Dewata dan Air Terjun Tulang-tulang.

Selain itu, masih ada pelayanan kesehatan bagi masyarakat desa Pengkendekan. Salat Subuh Berjamaah. Pembinaan masyarakat desa. Pembinaan karang taruna. Pembinaan lahan pertanian. Pembacaan ikrar gotong royong oleh Kepala Desa se-Kecamatan Rongkong. Pemberian beberapa varietas lokal padi di antaranya jenis varietas padi remaja, pare sale, bandarata dan banjara. Pemberian bantuan dari Dinas Sosial berupa paket family kid, lauk pauk, selimut dan tikar. Pemberian bantuan dari dinas kesehatan berupa makanan untuk ibu hamil, makanan balita dan bahan kontak lainnya (lh/liq)