Anggota Polres Palopo rutin latihan fisik dan pengamanan anti huru hara. (ft/ist)
Anggota Polres Palopo rutin latihan fisik dan pengamanan anti huru hara. (ft/ist)

KORANSERUYA.COM–Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan dilaksanakan tahun depan. Untuk mengantisipasi terjadinya berbagai ancaman keamanan selama pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini, Polres Palopo rutin melakukan latihan bagi para anggotanya.

Berbagai latihan dan persiapan tersebut, dimaksudkan agar pihak keamanan dapat siap dalam kondisi apapun untuk menjaga keamanan warga dan tidak tidak terulang kembali kejadiaan seperti pilkada tahun 2013 lalu. Olehnya itu, kekuatan fisik dan mental anggota Polres Palopo mulai ditingkatkan dengan melakukan serangkaiaan latihan di Mapolres Palopo.

Kapolres Palopo, AKBP Taswin mengatakan, guna meningkatkan kekuatan fisik anggotanya, setiap pagi mereka diberikan latihan rutin. Latihan dengan menggunakan alat penghalau huru hara pun mereka lakukan, agar saat mereka mengahadapi massa dalam jumlah besar, Polres Palopo sudah terlatih untuk mengamankan mereka.

“Saat ini, kami melakukan pengecakan fisik anggota. Kami juga melakukan latihan dengan menggunakan alat penghalau huru hara, agar mereka terlatih menggunakannya. Latihan ini kami lakukan setiap pagi, lumayan juga buat latihan anggota,” jelas Kapolres Palopo, AKBP Taswin.

Kendati demikian, Polres Palopo tetap mengutamakan keamanan dalam wilayah hukumnya. Peningkatan patroli di masing-masing wilayah hingga mengoptimalkan Kring Monile menjadi salah satu cara perwira dua melati di pundak ini mengontrol wilayahnya.

“Kring Mobile kami tetap jalan. Peningkatan patroli untuk wilayah Polsek juga kami tingkatkan. Pokoknya kami tidak ingin kalau ada gangguan hukum sekecil apapun kepada warga Kota Palopo,” tegasnya.

AKBP Taswin berharap Kota Palopo tetap aman selama proses pilkada sampai selesai, sehingga kejadian tahun 2013 tidak terulang di Pilkada 2018 mendatang. “Ya, kita doakan saja semoga pilkada tahun depan berjalan aman dan lancar, serta kejadiaan pilkada lalu tidak terulang,” harapnya (liq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − 14 =