PALOPO – Dengan berakhirnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 26 April lalu, SMP Negeri 14 Palopo mulai mengaktifkan proses belajar mengajar. Senin lalu para siswa SMPN 14 Palopo kembali masuk sekolah seperti biasa.

Sahabuddin, Kepala Sekolah SMPN 14 Palopo mengatakan agar proses belajar mengajar diefektifkan kembali mengingat sekolah tidak lama lagi memasuki semester baru.

“Kami mengikuti kalender pendidikan yang telah ditetapkan dari pihak atas, karena tidak lama lagi akan memasuki semester baru, para siswa juga harus tetap fokus untuk belajar seperti biasa dan menyelesaikan materi yang masih tertinggal,” katanya.

Menurut Sahabuddin, guna mengefektifkan materi pelajaran yang masih ada, para siswa harus masuk sekolah dengan jadwal yang sebelumnya sudah diinformasikan.

“Kalau tidak, mereka akan tertinggal pelajaran. Namun alhamdulillah para siswa sudah mengerti bahwa tidak boleh menambah nambah libur, karena absensi juga masuk dalam kategori penilaian,” ungkapnya.

Diketahui proses pembelajaran tersebut diaktifkan hanya selang beberapa hari setelah selesainya UNBK. Para siswa kelas 7 dan 8 sudah menerima materi pembelajaran dari para guru. Diharapkan agar proses tersebut bisa berjalan semaksimal mungkin untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif bagi para siswa. (apl/liq)