PALOPO – Belum lama ini, SMP Negeri 7 Palopo menggelar ujian praktek olahraga, mata pelajaran penjaskes, di halaman Sekolahnya.

Pieter Nangko, Wakasek Kesiswaan SMP Negeri 7 Palopo mengatakan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) tersebut akan digelar hingga kamis, 19 April mendatang.

“Dalam ujian ini dibagi beberapa model, ada ujian praktek, ujian berbasis kertas dan ada juga berbasis komputer. Untuk ujian praktek ini tidak semua mata pelajaran diujiankan, hanya pelajaran tertentu seperti seni budaya, keterampilan, dan olahraga yang saat ini kami lakukan,” katanya.

Lanjut, Pieter, bahwa mata pelajaran yang diujian praktekkan seperti olahraga, akan dilakukan dan dinilai oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan.

“Karena yang paling tahu tentang teknis dan persoalannya tiada lain adalah guru bidang studinya sendiri,” tambahnya.

Diketahui dalam praktek tersebut, olahraga yang diujiankan adalah lari cepat dengan waktu yang telah ditentukan dari pelatih atau guru olahraga tersebut. Beberapa aspek yang menjadi penilaian adalah kecepatan, ketepatan dan lain-lain.

Pieter Nagko berharap seluruh siswanya yang mengikuti ujian baik praktek maupun tertulis dapat lulus dengan nilai yang baik.

“Saya berharap para siswa bisa memenuhi aspek aspek yang menjadi penilaian dalam praktek tersebut, agar nilainya bisa baik,” ungkapnya.

Sedangkan untuk siswa yang tidak sempat mengikuti ujian praktek, akan diberi ujian susulan. (apl/liq)