Para perwira melempar topi ke udara sebagai ungkapan syukur.

PALOPO — Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo menggelar pelantikan perwira pelayaran yang dipusatkan di lapangan Pancasila Palopo, Rabu (7/11/18).

Ketua Yayasan SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo, Rustam Lalong mengatakan SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palapo merupakan salah satu sekolah bidang pelayaran yang ada di Indonesia.

Ketua Yayasan SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo, Rustam Lalong menyambut Wawali Palopo.

Khusus untuk Kota Palopo, sekolah ini adalah satu diantara 2 sekolah pelayaran yang ada dan telah meluluskan ribuan alumni yang tersebar dan bekerja di dalam maupun luar negeri.

“Sekolah ini telah melaksanakan 4 kali pelantikan perwira tingkat IV dan ini adalah yang kelima kalinya. Untuk pelantikan kali ini diikuti oleh 35 peserta dengan rincian 19 jurusan nautika kapal niaga dan 16 orang jurusan teknika kapal niaga,” sebut Rustam.

Rombongan Wawali dan perwakilan kementerian perhubungan laut disambut tarian setibanya di lokasi pelantikan.

Sementara itu, Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo karena telah banyak berkonstribusi dalam penguatan pendidikan pelayaran.

BACA JUGA :Hanya SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo yang Gelar Ujian Pelaut di Indonesia

“Saya mengajak agar senantiasa mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan, guna menjamin mutu keterampilan dan kompetensi lulusan. Kita harus selaraskan antara kualitas dan kuantitas SDM yang kita miliki sehingga dengan demikian akan turut mempengaruhi citra positif lembaga pendidikan yang dikelolah. Perhatikan penguasaan bahasa asing terhadap anak didik kita. Karena mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita akan berhadapan dengan dunia internasional. Kualitas dan kemampuan berbahasa asing sangat diperlukan,” tandasnya.

Capt Bharto Ari Raharjo mengecek kesiapan perwira yang akan dilantik.

Kepala Subdirektorat Keselamatan Kapal Kementerian Perhubungan, Capt Bharto Ari Raharjo dalam kesempatan yang sama juga mengapresiasi Pemkot Palopo atas dedikasi dan perhatian khusus untuk kemajuan dunia kemaritiman.

“Ada dedikasi tinggi dari Pemkot di sini, yang memberikan satu perhatian khusus untuk kemajuan dunia kemaritiman bagi SMK Pelayaran Samudera. Bagi yang dilantik, pelantikan ini bukan akhir dari perjalanan tapi justru sebagai awal, segala ilmu yang diperoleh tibalah saatnya untuk diaplikasikan,” sebut Capt Bharto.

Kepala Subdirektorat Keselamatan Kapal Kementerian Perhubungan, Capt Bharto Ari Raharjo memasangkan tanda pangkat ke perwira yang dilantik.

Ia berharap para siswa yang di wisuda nantinya terus berkarya. “Jadilah pelaut yang dapat membuat almamater kalian semakin dikenal, bendera sekolah semakin berkibar. Laksanakan tugas, amanah dan bekerja secara profesional, proporsional dan prosedural. Buat sekolah dan orangtua bangga,” pesan Capt Bharto Ari Raharjo dihadapan para wisudawan dan taruna SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo. (adv)

Rahmat Masri Bandaso.
Rustam Lalong.
Orangtua nampak senang melihat anaknya dilantik.
Para perwira pelayaran yang dilantik.
Sejumlah undangan menghadiri pelantikan perwira pelayaran.