Instruktur dan peserta Konselor Sebaya

KORANSERUYA.COM — SMPN 1 Palopo sebagai sekolah rujukan di kota Palopo, menggelar pelatihan Konselor Sebaya yang diikuti oleh para siswa SMPN 1 dan beberapa siswa dari sekolah lainnya seperti SMPN 2, SMPN 4 , SMPN 5, SMPN 7 dan SMPN 10. Masing-masing sekolah mengutus 2 siswanya. Pertemuan diadakan empat kali yakni pada 14-15 Oktober dan 21-22 Oktober. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Palopo, Asir Mangopo.

Asir Mangopo mengatakan , kegiatan sangat baik untuk membantu para siswa agar memecahkan masalah yang dihadapi. Baik dalam lingkungan pertemanan, keluarga dan lainnya. Setelah mengikuti kegiatan ini, mereka bisa membantu para teman-temannya agar mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi. ” Saya harap kalian bisa menyimak dengan baik materi yang diberikan dalam konselor ini agar bisa diterapkan disekolah kalian masing-masing,” kata Asir dalam acara tersebut

BACA JUGA :DUH! 9 Pelajar Terjaring Operasi Kasih Sayang di Palopo

Hal senada juga diungkapkan Kepala SMPN 1 Palopo, H Rasman. Menurutnya, siswa yang ikut dalam kegiatan ini bisa membantu rekannya yang lain untuk mencari solusi dan keputusan tepat terkait masalah yang dihadapinya.

Konselor Sebaya adalah seorang remaja yang mampu memberikan informasi tentang kesehatan dan membantu teman sebaya untuk mengenali masalahnya dan menyadari adanya kebutuhan dan pertolongan untuk menyelesaikan masalahnya.

Tujuannya, untuk membantu teman sebaya agar mampu memahami masalah yang sedang dihadapi, memberi informasi yang berkaitan dengan masalah teman sebaya, mendorong teman sebaya menemukan berbagai alternatif penyelesaian masalah, membantu mengambil keputusan dengan bertanggung jawab serta memberikan dukungan emosi. (jun/adn)

BACA JUGA :Asyik Nongkrong di Depan Mall BTC Bone, Olong Ditangkap Polisi