dr Ananda Asmara

PALOPO — Menjadi seorang dokter adalah salah satu profesi yang sangat mulia. Seorang dokter harus berkompeten dalam melaksanakan profesinya.

Profesi dokter tidak sekadar menjadi agent of treatment tetapi juga sebagai agen sosial. Dokter tidak hanya menyembuhkan penyakit tetapi juga melakukan edukasi kepada masyarakat.

BACA JUGA :Dosen Cantik Ini Ciptakan Biskuit Anti Anemia Bagi Ibu Hamil

Hal itulah yang juga diupayakan oleh dr Ananda Asmara. Gadis asal Kota Palopo yang pada 3 Oktober 2017 lalu diambil sumpahnya sebagai seorang dokter.

Sosok dokter muda berparas ayu ini rupanya suka tantangan. Makanya ia tak berpikir panjang saat diajak magang di Puskesmas Wara Barat, salah satu wilayah pegunungan terpencil di Kota Palopo.

BACA JUGA :KORAN SeruYA Raih Penghargaan Media Terbaik se-Luwu Raya Versi BPJS Kesehatan

Gadis yang akrab disapa Nanda itu sejak kecil telah bertekad membantu banyak orang melalui profesi dokter.

BACA JUGA :Evi Masamba Kini Lebih Cantik, Netizen: Mirip Ariana Grande

“Sejak kecil saya bercita-cita jadi dokter. Salah satu alasannya ialah, sebaik-baik manusia ialah mereka yang bermanfaat bagi orang lain,” kata Nanda kepada Koranseruya.com, Rabu (29/11/17).

Sebagai orang yang terbilang baru di dunia kedokteran, bekerja di wilayah terpencil baginya adalah sebuah tantangan. Hanya saja, tantangan rupanya tidak hanya datang dari pasien. Tapi juga kadang datang dari keluarga pasien itu sendiri.

dr Ananda Asmara

“Banyak tantangan di wilayah terpencil, beda dengan wilayah kota. Selain harus bersabar menghadapi berbagai macam karakter pasien, juga harus selalu sabar menghadapi godaan keluarga pasien,” katanya.

“Saat sedang periksa pasien, kadang ada-ada saja keluarga pasien yang suka bercanda. Mulai dari tanyakan alamat praktek pribadi, padahal saya belum punya tempat praktek, hingga urusan ingin menjodohkan dengan keluarga mereka. Tapi, saya anggap itu biasa, yang terpenting bagaimana saya bisa memberikan pelayanan maksimal kepada pasien dan keluarga pasien,” tambahnya.

BACA JUGA :Luwu Punya Satpol PP Ayhu, di Palopo Ada Mutiara…Cantikan Mana??

Pernah suatu ketika saat sedang bertugas, Nanda kedatangan seorang pasien nenek tua. Setelah diperiksa dan diminta pulang, nenek tersebut seolah kehilangan arah. Melihat nenek itu, Nanda merasa kasihan. Setelah tugasnya kelar, ia berinisiatif mengantar nenek tadi pulang ke rumah. Hanya saja niat baiknya itu sempat mendapat teguran dari atasan dengan alasan menghindari kecemburuan sosial sesama pasien.

“Memberikan pelayanan maksimal kepada pasien itu memang tidak mudah. Tapi saya akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk mereka,” tutupnya. (asm)

dr Ananda Asmara

PROFIL

Nama : dr Ananda Asmara
TTL : Mamuju, 26-07-1993
Alamat Domisili : Jln anggrek, Kota Palopo
Instagram : @anandaasmara
Hobby : Traveling and exploring
Nama Ayah : Ir. Ishak Akhmar
Nama Ibu : Alfiah Aziz, SE

Pendidikan
SDN 440 Salekkoe
SMP Negeri 3 Palopo
SMA Negeri 3 Palopo
Pendidikan Kedokteran Umum FK UMI 2011

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + 14 =