PALOPO – Murid SD 30 Mattirowalie mengunjungi Panti Asuhan Al Muhaymin, Jalan Jend. Sudirman, beberapa waktu lalu. Kunjungan anak sekolah ini dilakukan bersama dengan guru kelas mereka. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan sikap kepeduliaan mereka kepada sesama.

Diketahui para siswa yang masih kelas 5 itu melakukan bazar dengan membuka lapak di depan sekolahnya usai pelajaran sekolah berlangsung. Hasil dari penjualan bazar inilah yang digunakan para siswa untuk membeli beberapa kebutuhan pokok seperti beras dan lainnya untuk disumbangkan ke panti asuhan tersebut.

Walaupun tak semua siswa ikut mengantarkan kebutuhan pokok ke Panti Asuhan tersebut, itu tidak mengurangi nilai kepeduliaan kepada sesama yang pihak sekolah coba tanamakan pada para siswanya.

“Hanya perwakilan masing masing kelompok, karena kalau semua ikut akan membutuhkan transportasi yang lebih lagi” kata Asma, Guru Kelas 5 yang mendampingi mereka. Asma jugalah yang mengarahkan siswa untuk mengadakan bazar, hasil dari bazar tersebut diberikan kepada yang membutuhkan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 30 Mattirowalie memberikan apresia kepada para guru yang serius dalam memberikan bimbingan kepada para siswa. Dengan begitu, siswa dapat langsung memahami semua yang diberikan oleh guru mereka.

“Kunjungan ke panti yang belum lama ini dilakukan tentunya sangat bermanfaat dan baik bagi para siswa. Dimana para siswa diajarkan agar tidak pelit dan belajar membantu orang lain” katanya.

Menurutnya kunjungan ini adalah salah satu bentuk pendidikan kepada para siswa agar peka terhadap lingkungan sosial.

Para siswa yang mengikuti kegiatan ini tampak senang. Salah satu siswa yang ikut langsung ke panti, Gita Cahyani mengakui bahwa dirinya senang karena bisa membantu sesama.

“Kami senang bisa melakukan hal seperti ini. Selain untuk membantu sesama, ini juga mengajarkan kami bahwa masih banyak orang yang membutuhkan bantuan di luar sana,” ucapnya. (apl/liq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − seven =