kasus narkoba, berita palopo, lapas palopo, kusnali
Kepala Lapas Kelas IIA Palopo, Kusnali.
Topik Populer
#Gempa Palu

PALOPO, SeruYa–Sebanyak 13 tahanan titipan dari Polres Palopo diserahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palopo. Dari 13 tahanan itu, 10 diantaraya terlibat kasus narkoba. Lima di antaranya adalah wanita.

BACA JUGA: 83 Imam Masjid di Lutra Terima Insentif dari BAZNAS

Kasus ke-13 tahanan titipan itu sementara masih dalam penyidikan Polres Palopo. “Dari lima orang tahanan wanita ini, tiga orang terlibat narkoba dan dua lainnya terlibat
penyalahgunaan obat daftar G,” kata Kepala Lapas Kelas IIA Palopo, Kusnali, Selasa (8/8) kemarin.

BACA JUGA: Sayembara Maskot, KPU Palopo Libatkan 3 Tenaga Profesional

Kusnali juga mengakui jika lapas yang dipimpinnya didominasi oleh tahanan dan napi yang terlibat kasus narkoba. Selain itu ada tahanan kasus penipuan, pencurian dan penganiayaan. Hingga saat ini, jumlah warga binaan yang ada di dalam Lapas Kelas IIA Palopo sebanyak 587 orang. Padahal, kapasitas tampung lapas hanya sekitar 304 orang saja.

“Kalau dirinci, jumlah tahanan sebanyak 208 orang dan narapidana sebanyak 379 orang,” sebutnya.

Ratusan tahanan tersebut, merupakan titipan dari Polres Luwu dan Polres Palopo, jumlahnya ada 54 orang. Sedangkan tahanan titipan kejaksaan sebanyak 80 orang, dan tahanan titipan pengadilan negeri sebanyak 59 orang.

“Kalau tahanan yang statusnya tahanan titipan pengadilan tinggi (semantara disidang) ada 13 orang, titipan yang mengajukan kasasi ada dua orang,” tandasnya. (tia/kin)