Andi Fatahillah
Andi Fatahillah

Koranseruya.com — Sebanyak tiga desa di Kabupaten Luwu diusulkan untuk mendapatakan kapal yang nilainya mencapai miliaran rupiah.

Ketiga desa tersebut diantaranya Desa Ulo-ulo, Desa Balambang dan DesaMurante. Ketiganya masuk dalam program pengadaan kapal nelayan berdaya 10 gt dengan anggaran masing-masing kapal mencapai Rp1 miliar.

BACA JUGA :Waaaahhhh… Dana Bagi Hasil Pajak Rokok di Palopo Meningkat

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Luwu, Andi Fatahilla mengatakan program ini untuk membantu warga pesisir yang membutuhkan sarana dalam melakukan pencarian ikan.

Bukan hanya itu ada beberapa daerah pesisir juga yang mendapatkan bantuan kapal dengan kapasitas 5 gt yang diakomodir oleh daerah melalui APBD. Total nilai untuk program pengadaan kapal ini dan beberapa program lainnya senilai Rp9,2 miliar.

“Ini program sudah ACC di provinsi, tinggal mau dicairkan. Kami berharap masyarakat nelayan benar-benar bisa memanfaatkan ini dengan baik sehingga berdampak pada kemakmuran nelayan,”ungkapnya siang tadi.

BACA JUGA :Luwu Punya Satpol PP Ayhu, di Palopo Ada Mutiara…Cantikan Mana??

Terkait pengelolaan atau pembagian antara nelayan pengguna kapal bantuan dengan pemda, akan diatur dalam juknis provinsi dan disinkronkan dengan juknis yang ada di kabupaten, karena tidak semua juknis yang berasal dari provinsi sama dengan kondisi di daerah.

“Nanti kalau juknis dari provinsi sudah ada, kita sinkronkan lagi,” ujarnya.

BACA JUGA :Agus Nu’mang Dekati Nasdem Lewat Wali Kota Palopo

Selain program pengadaan kapal, beberapa program lainnya yang sudah di acc saat musrenbang di Provinsi diantaranya, peningkatan sarana dan prasarana budidaya air tawar seperti ikan lele, ikan air payau seperti ikan bandeng, budidaya laut, pengelolaan peningkatan kapasitas nelayan, kepada semua kelompok nelayan. (eca/asm)