Topik Populer
#Gempa Palu

Diskusi,

PALOPO – Para guru SMK Negeri 3 Palopo meningkatkan potensi siswanya agar mampu berbicara di depan umum. Sebagai salah satu sekolah bidang pelayaran, SMKN 3 Palopo tidak hanya mendidik para siswa secara praktis, namun juga secara teoritis.

Hal ini ditandai ketika di ruang kelas, beberapa mata pelajaran diberikan kepada para siswa untuk didiskusikan secara berkelompok dengan memaparkan sub materi terkait pembelajaran.

Ridwan, Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Palopo mengatakan hal demikian sangat penting bagi kemajuan para siswa. Tidak hanya dibutuhkan keterampilan bekerja di lapangan, namun bagaimana menyampaikan instruksi instruksi terkait proses pelajaran.

“Maka diperlukan bahasa yang bisa tersampaikan maksudnya. Bagaimana para siswa dapat menjabarkan dan mengungkapkan apa yang diketahuinya. Sehingga potensi kemampuan berbicara terus digali supaya para siswa tersebut tidak pasif. Ini juga bagus bagi perkembangan siswa itu sendiri,” katanya.

Dibeberapa ruang kelas tampak para siswa melakukan diskusi terbuka dengan menjabarkan poin penting dalam pembahasannya. Seperti diskusi yang umum ditemui, juga terdapat sesi tanya jawab. Hal ini makin menambah semarak dan perhatian para siswa untuk aktif dalam ruang kelas.

Ridwan berharap agar para siswanya terus belajar dan mengasah diri, baik yang bersifat praktis maupun teoritis. (apl/liq)