Bupati Lutra didampingi Kapolres Lutra dan Pabung Lutra saat mencicipi menu masakan ikan yang disajikan oleh peserta. (ft/tiara)

KORANSERUYA.COM — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) melalui Dinas Perikanan Kabupaten Lutra sukses menggelar lomba masak serba ikan tingkat kabupaten. Lomba itu resmi dibuka oleh Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani SIP MSi, Kamis (10/8) di Aula Hotel Remaja Masamba.

Menu yang diperlombakan, seperti menu keluarga, menu balita, kudapan dan favorit. Masing-masing kecamatan yang ada di Lutra mengirimkan perwakilannya mengikuti lomba itu.

Berdasarkan penilaian juri, untuk kategori menu keluarga, Kecamatan Seko dianggap paling piawai menyajikan masakan. Sedangkan pada menu balita, Malangke Barat berhasil unggul. Kalau menu kudapan, ternyata Kecamatan Sukamaju lebih telaten. Tim dari Kecamatan Seko kembali merebut juara satu pada kategori favorit.

Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani SIP MSi, dalam sambutannya, mengatakan, melalui ‘Gerakan Memasyaratkan Makan Ikan (Gemarikan) diharapkan mampu mewujudkan generasi yang sehat, kuat dan cerdas. Dengan meningkatnya tingkat konsumsi ikan, diharapkan dapat meningkatkan permintaan produksi perikanan dan pemasaran yang secara keseluruhan akan menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam bingkai Gemarikan adalah lomba masak serba ikan yang dilakukan secara berjenjang mulai tingkat kabupaten/kota hingga tingkat nasional,” kata Indah.

Indah juga menyampaikan bahwa melalui penyelenggaraan lomba tersebut, diharapkan mampu mendorong dan merangsang minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru sehingga minat konsumsi ikan meningkat.

“Disamping itu, juga sebagai sarana meyakinkan masyarakat bahwa mengkonsumsi ikan dapat dilakukan melalui beberapa cara pengolahan agar tidak membosankan dan memiliki rasa sesuai yang diinginkan,” sebutnya.

Apalagi, lanjut Indah, potensi perikanan di Kabupaten Lutra cukup menjanjikan. Dimana garis pantai seluas 52,5 Km yang terbentang dari Desa Poreang Kecamatan Tanalili hingga Desa Pombakka Kecamatan Malangke Barat. Luas areal budidaya air tawar seluas 2.634 Ha dengan produksi 1.629,5 ton. Luas areal budidaya air payau sebesar 8.312 Ha dengan produksi 158,712,78 ton.

“Potensi perikanan di Lutra yang besar, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat baik di Kabupaten Lutra maupun diluar Kabupaten Lutra,” tandasnya.

Lomba masak serba ikan yang diadakan oleh Dinas Perikanan Lutra juga sebagai rangkaian memeriahkan HUT RI ke-72. Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Lutra, AKBP Dhafi SIK MSi, Pabung Lutra Kodim 1403 Sawerigading, Mayor Inf Sengke, Ketua Tim Penggerak PKK Lutra, Enny Thahar, Kadis Perikanan Lutra, Muharwan, Anggota DPRD Luwu Utara dan para ketua tim PKK kecamatan. (tia/asm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen + eighteen =