SUASANA latihan paskibraka Lutra di Taman Siswa Masamba

KORANSERUYA.COM — Setelah lolos seleksi dari sekolah masing-masing, 70 pelajar SMA Sederajat Se-Kabupaten Luwu Utara kini menjalani proses karantina. Mereka dipersiapkan menjadi Pasukan pengibar bendera (Paskibraka) Kabupaten Luwu Utara pada 17 Agustus mendatang.

Selama masa karantina, 70 pelajar ini dilatih langsung oleh anggota TNI dan Polri. Siang hari, mereka dilatih baris berbaris di lapangan Taman Siswa (Tamsis). Itu mulai pagi pukul 07.00 Wita hingga pukul 11.30 Wita lalu dilanjutkan sore.

BACA JUGA :Pengacara Asal Palopo Ini…Bebaskan Kakek Terdakwa Kasus Narkoba di Nunukan

Malamnya, pasukan pengibar bendera ini menerima materi dari Perwira Penghubung (Pabung) Lutra, Mayor CBA Sengke dan Kapolres Luwu Utara, AKBP Dhafi SIK MSi. Materi yang diberikan wawasan kebangsaan dan tertib berlalu lintas.




Informasi yang diterima koran SeruYa dari Komandan Paskibraka, Serka Slamet Riyadi, Rabu (9/8), proses karantina dimulai sejak tanggal 4 Agustus 2017 lalu.

“Dari 70 Paskibraka ini, 35 diantaranya adalah pelajar putri. Mereka berasal dari SMA sederajat Se-Kabupaten Lutra. Usianya, mulai 14 tahun hingga 16 tahun. Jadi, yang ikut adalah pelajar kelas X dan XI. Namun dalam paskibraka ini didominasi pelajar kelas X,” jelas Slamet.

BACA JUGA :83 Imam Masjid di Lutra Terima Insentif dari BAZNAS

Lanjutnya, instrukturnya ada empat orang dari TNI dan empat orang dari kepolisan. Masing-masing ada dua orang perwakilan TNI-Polri jadi pengawal, dan masing-masing satu orang jadi instruktur. Lebihnya, masing-masing satu orang TNI-Polri jadi komandan paskibraka.

“Yang dari TNI sebagai komandan paskibraka pada saat pengibaran, sedangkan yang dari kepolisian sebagai komandan paskibraka pada saat penurunan bendera,” jelas Slamet.

Slamet mengungkapkan bahwa komandan paskibraka pengibaran bendera adalah dia sendiri, sedangkan komandan paskibraka saat penurunan bendera adalah Brigpol I Made Aryono. (tia/asm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 1 =