Bupati Lutim, HM Thoriq Husler, menyampaikan sambutan saat pembukaan Porseni PGRI ke-IV tingkat Sulsel, di Lapangan Puncak Indah Malili, Selasa (21/11/2017)
Bupati Lutim, HM Thoriq Husler, menyampaikan sambutan saat pembukaan Porseni PGRI ke-IV tingkat Sulsel, di Lapangan Puncak Indah Malili, Selasa (21/11/2017)

KORANSERUYA.COM–Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke IV Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dilaksanakan di Kabupaten Luwu Timur, berlangsung meriah dan semarak, Selasa (21/11), kemarin, dipusatkan di Lapangan Puncak Indah Malili. Event dua tahunan ini diikuti sebanyak 16.000 lebih peserta dari 24 kabupaten/kota se Sulsel.

Porseni PGRI se Sulsel ini dibuka langsung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, didampingi Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur (Lutim), HM Thorig Husler dan Irwan Bachri Syam.

Hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Lutim, H. Amran Syam, Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel
H. Irman Yasin Limpo, Ketua PGRI Provinsi Sulsel, HM Wasir Thalib, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Lutim, Hj Puspawati Husler dan dr. Ani Nurbani Irwan, Sekretaris Daerah beserta ibu, H. Bahri Suli dan Hj. Masrah Bahri Suli, serta sejumlah bupati serta pejabat daerah dari berbagai daerah di Sulsel.

 Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo menyerahkan piala bergilir Porseni PGRI se Sulsel kepada Bupati Lutim, HM Thoriq Husler selaku tuan rumah pelaksana Porsen PGRI se Sulsel.
Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo menyerahkan piala bergilir Porseni PGRI se Sulsel kepada Bupati Lutim, HM Thoriq Husler selaku tuan rumah pelaksana Porsen PGRI se Sulsel.

Pembukaan event bergengsi bagi guru ini, ditandai pelepasan burung merpati yang dilakukan Gubernur Sulsel didampingi Bupati dan Wakil Bupati Lutim, Kadis Pendidikan Sulsel, Ketua PGRI Sulsel, dan Unsur Forkompinda. Usai pelepasan burung merpati, Ketua PGRI Bulukumba menyerahkan  piala bergilir sebagai juara umum Porseni PGRI ke III kepada Gubernur Sulsel, dan selanjutnya Gubernur Sulsel menyerahkan kepada Bupati Luwu Timur sebagai pelaksana Porseni IV PGRI Sulawesi Selatan untuk diperebutkan kembali.

Pembukaan Porseni berlangsung meriah, ketika seluruh kontingen kabupaten/kota se Sulsel melakukan defile. Dalam defile ini, setiap kabupaten/kota menampilkan ciri khas daerahnya.

Untuk diketahui, ada beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porseni PGRI ini, di antaranya bulutangkis, catur, futsal, tenis meja, tenis lapangan, sepak takraw, dan senam PGRI.

Sedangkan, untuk cabang Seni diperlombakan nyanyi solo, melukis, mendongeng, pengucapan ikrar guru, tari tunggal Nusantara, dan MTQ. Sedangkan lomba kreatifitas guru akan diikuti jenjang TK hingga SMA/SMK

Ketua Penyelenggara Porseni PGRI ke IV tingkat Sulsel, Dohri As’ari dalam laporannnya, mengatakan, Porseni PGRI kali ini mengangkat tema “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja Untuk Penguatan Karakter”, diikuti sebanyak 16.760 orang yang terdiri atlet, official dan penggembira.

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan Porseni PGRI Tingkat Provinsi Sulsel, kata Dohri As’ari, selain untuk memupuk persaudaraan antara anggota PGRI dalam rangka membangkitkan semangat profesional yang bermartabat juga sebagai ajang seleksi untuk pelaksanaan Porseni PGRI tingkat Nasional tahun 2019 mendatang.

Sementara itu, Bupati Lutim, HM Thorig Husler dalam sambutannya, menyampaikan, suatu kehormatan sekaligus kebanggaan bagi Kabupaten Luwu Timur karena dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Porseni PGRI ke IV Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurutnya, kegiatan ini tidak saja sebagai sarana silaturahmi bagi sesama guru, namun juga sebagai upaya promosi wisata bagi daerah Luwu Timur, Bumi Batara Guru.

“Selaku tuan, rumah kami mengucapkan selamat datang di Bumi Batara Guru, semoga pelaksanaan Porseni PGRI dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses. Kami berharap seluruh tamu undangan senantiasa merasakan suasana nyaman selama berada di Luwu Timur,” ujar Husler. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 2 =