PALOPO – Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Palopo, pada hari ke sembilan selasa (9/4/2019) berjalan lancar.

Salah satu proktor pelaksanaan USBN-BK Widharty mengatakan siswa yang mengikuti ujian terlihat tenang dalam mengerjakan soal.

“Alhamdulillah, hingga hari ke sembilan pelaksanaan ujian ini, berjalan lancar. Semua siswa terlihat tenang menjawab soal ujian, dan selesai sesuai waktu yang ditetapkan,” ujar widha kepada Koran SeruYA.

Sementara itu, salah satu pengawas ujian dari SMP Datok Sulaiman, Mahniar mengatakan, selama mengawas di SMPN 3 Palopo, peserta mengerjakan ujian dengan tertib.

“Selama dua hari mengawas disini, semua siswa tertib, tidak ribut saat ujian berlangsung dan alhamdulillah jaringan juga sangat mendukung,” katanya.

Sebanyak 295 siswa mengikuti USBN-BK di SMPN 3 Palopo. Mereka dibagi menjadi tiga sesi dan tiga ruangan. Waktu yang di sediakan untuk menyelesaikan semua soal selama 2 jam. Sesi pertama pukul 07:30 WITA, sesi kedua pukul 10:00 WITA, sesi ketiga pukul 13:00 WITA.

“Kebetulan ujian tahun ini terdiri dari 2 macam soal ujian, ada soal KTSP dan ada soal K13,dan SMPN 3 Palopo ini sudah masuk dalam kurikulum 13,jadi soal yang dipilih di server itu sudah K13,” kata Widharty.

Kendati USBN-BK lancar, pihak sekolah berharap pemerintah dapat memberikan bantuan ke SMPN 3 Palopo. Sebab, untuk kelengkapan USBN-BK, mereka masih meminjam laptop dari orang tua siswa.

“Kami hanya mempunyai 4 unit PC, sementara yang lain kami terpaksa meminjam dari luar,” pungkasnya. (vie/liq)