PALOPO — KPU Palopo menggelar simulasi pemilihan gubernur dan wakik gubernur Sulsel serta walikota dan wakil walikota Palopo, Rabu (9/5/18) pagi di Lagota, area PNP.

Dalam simulasi kali ini, dipraktekkan layaknya pemilihan sesungguhnya. Dimulai dari lengkapnya perangkat pemilihan hingga kelengkapan KPPS, saksi, panwas dan lainnya. Para KPPS sebelum menjalankan tugasnya diambil sumpahnya.

Usai diambil sumpahnya, dilanjutkan dengan simulasi pemilihan. Kali ini, ada 200 wajib pilih di TPS 8 Kelurahan Dangerakko itu. Satu persatu pemilih dipanggil namanya. Mereka diminta memperlihatkan surat panggilan dan KTP elektronik. Dinyatakan sesuai, lalu diberikan surat suara untuk dicoblos di bilik suara.

Saat pemilihan berlangsung, sempat terjadi insiden kecil. Salah seorang pengawas lapangan ingin memaksa masuk kedalam area pemilihan. Namun, KPPS berkeras melarangnya karena tidak dibenarkan sesuai aturan. Insiden ini merupakan salah satu simulasi dengan tujuan KPPS siap menghadapi jika ada masalah. Simulasi dipandu komisioner KPU Palopo divisi tekbis(asm)