PALOPO — Sejak beberapa hari terakhir di media sosial sebuah video mendadak viral. Itu setelah seorang ABG asal Sidrap memposting videonya.

Video tersebut sudah dibagikan ribuan kali oleh netizen. Yang paling viral kata-katanya saat ini adalah Gaiss. Berasal dari kata Guys yang artinya kawan-kawan.

Pemilik akun facebook itu adalah Anggun Delatta Makkarennu S. Usianya baru 18 tahun. Dia beralamat Di Desa Kampale Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Nama sebetulnya adalah Agung Delatta Makkarennu S.

Dia menceritakan awalnya, mengambil video di sawah saat diajak oleh ibunya. Iseng-iseng dia memvideokannya. ” Setelah itu banyak yang bagikan sampai 5 ribu kali,” katanya saat dihubungi KoranseruYa.com via whatsApp, Senin (13/08/2018).

Setelah video itu, banyak yang menyarankannya untuk membuat video lainnya. Anggun begitu dia akrab disapa pun menuruti. Bukan tanpa alasan, ABG yang hanya tamat SMP ini memvideokannya secara live saat makan.

Misalnya, makan kapurung, makan ikan kering dan lainnya. Saat makan, ia kerap menyebut Massapodda Gaess artinya enak atau Malunra dalam bahasa bugis.
” Saya juga ingin memperkenalkan makanan khas Sulsel,” katanya.

Sejak videonya viral, ungkap Agung, dia kini punya banyak teman. Mulai dari Sulawesi hingga Kalimantan. ” Banyak juga yang mengendorse makanan. Saya biasa dikirimi pulsa dan uang. Pokoknya bahagia sekali. Kemana- mana selalu diminta foto bareng,” katanya.

Dia mengaku hanya tamat SMP. Tak dapat melanjutkan sekolahnya karena faktor ekonomi keluarga. Sehari- hari dia membantu ibunya di sawah. Sesekali dia dipanggil untuk dekorasi di pesta pernikahan di kampungnya. Semangat Gaisss. (adn)