Foto Akbar Daeng Jalli memegang senjata di handphone yang disita Polres Tana Toraja. (ft/ist)
Foto Akbar Daeng Jalli memegang senjata di handphone yang disita Polres Tana Toraja. (ft/ist)
Topik Populer
#Gempa Palu

 

KORANSERUYA.COM–Akbar Daeng Jalli, 34 tahun, warga asal Makassar yang saat ini tinggal di Jalan Salak, Kota Palopo, diamankan Anggota Polsek Rantepao, Polres Tana Toraja, Senin 31 Juli 2017 lalu. Dia bersama seorang rekannya bernama Syarifuddin diamankan polisi
karena diduga sebagai simpatisan ISIS.

Informasi diperoleh KORAN SeruYA, Akbar merupakan warga Jalan Maccini Gusung Kota Makassar. Dia kemudian pindah ke Jalan Salak Kota Palopo.

Kejadian ini bermula saat Akbar menawarkan barang dagangan berupa lampu cas, alat cukur dan remot televisi di Mapolsek Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Namun karena pelayanan di Mapolsek sedang ramai sehingga anggota tidak mengizinkan Akbar berjualan di Mapolsek Rantepao.

(BACA JUGA): Upah Cuma Rp20 Sehari, Tajuddin Bisa Tunaikan Haji, Terharu Deh Baca Kisahnya




Akbar pun membawa barang dagangannya ke Kantor PLN dan lingkungan Sekolah Dasar (SD) yang berada di sekitar Mapolsek Rantepao. Selang beberapa waktu, Akbar kembali menawarkan barang dagangannya ke asrama Polisi.

(BACA JUGA): VIDEO: Ngeri Deh, Ular Piton 5 Meter Telan Kambing

Panit I Intelkam Ipda Acang yang menemukan Akbar langsung melakukan pemeriksaan intensif. Kemudian ditemukan beberapa foto Akbar di handpone android miliknya yang berkaitan dengan atribut ISIS.

Dalam beberapa foto itu, Akbar terlihat berdiri tegak membentangkan bendera mirip bendera ISIS. Di foto lain, Akbar juga tampak berpose memegang senjata Laras panjang. Selain itu, ia juga berfoto sambil memegang 2 bilah pedang terhunus.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani dikutip dari Pojoksulsel.com, mengungkapkan, Akbar datang ke Rantepao bersama Safaruddin, yang saat ini juga telah diamankan.

“Akbar dan sepupunya ini masih diperiksa intensif di Mapolsek Rantepao terkait beberapa gambar itu,” kata Dicky Sondani.

(*/cbd/seruYA)